JawaPos Radar

Maling Helm Bonyok Dihajar Mahasiswa USU

28/09/2018, 14:21 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Maling Dihajar Massa
Dayat saat diamankan di Pos Satpam FISIP USU untuk menghindari amukan massa. (Prayugo Utomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Darah segar muncrat dari wajah Dayat, 36. Laki-laki berambut gondrong asal Jalan Sekip, Kota Medan itu dihajar mahasiswa karena ketahuan mencuri helm. Tempat kejadiannya di Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU), Jumat (28/9) siang.

Sejak awal, gerak-gerik Dayat memang sudah dipantau para mahasiswa. Namun Dayat tak menyadarinya. Dia begitu lihai, memotong tali helm dari dalam jok. Helm berwarna merah itupun nyaris berhasil dibawa kabur.

Namun, Dayat sudah dipergoki. Apalagi siang itu kampus sedang ramai. "Maling helm kau, ya," teriak seorang mahasiswa yang langsung melayangkan bogem mentah ke wajah Dayat.

Sontak, hal itu memancing mahasiswa lainnya. Kerumunan massa langsung datang. Dayat berubah menjadi samsak hidup. Tendangan, pukulan, hingga sulutan api rokok diterimanya tanpa perlawanan.

Amarah mahasiswa tidak bisa dibendung lagi. Mereka geram karena kejadian kehilangan helm bukan kali ini saja. Kerumunan makin ramai. Wajah Dayat berlumur darah. Matanya nyaris tak terbuka. Bibirnya juga pecah.

Beruntung beberapa mahasiswa yang lebih senior datang bersama Satpam. Dayat dibawa ke dalam pos. Di sana, Dayat sedikit merasa aman. Meski demikian, sesekali pukulan tetap masuk ke wajahnya.

Dayat mengaku baru kali ini mencuri helm. Itupun karena kebutuhan. Apalagi dia hanyalah pengangguran. "Sendiri saya tadi bang, yang untuk kebutuhannya ini aku maling," aku Dayat.

Setengah jam berlalu, polisi belum juga tba di lokasi. Dayat terpaksa di boyong ke markas satpam dengan mobil patroli yang datang. Saat diboyong ke atas mobil, mahasiswa kembali menghajarnya. Kepala Dayat luka dihantam helm mahasiswa. "Sudah sering kali kayak gini, bang. Untung saja nggak mati dia," kata Feri, seorang mahasiswa tingkat akhir.

USU memang kerap menjadi langgan para pelaku kejahatan. Meski sudah dijaga ketat Satpam, maling kerap saja masuk.

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up