JawaPos Radar

Jokowi Dorong Pengembangan Ulat Sutera

28/09/2018, 13:43 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Jokowi
INDUSTRI KEHUTANAN: Presiden Joko Widodo saat di Hutan Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Jumat (28/9). (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Perkembangan industri kehutanan sebagai penghidupan masyarakat Indonesia perlahan mulai muncul. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mengingatkan kepada menterinya agar membangun sumber daya di sekitar hutan. Seperti sektor ulat sutera, madu, gondorukem, dan kayu putih.

"Ulat sutera hanya di beberapa titik. Di Gorontalo, Maros, padahal bisa di ribuan titik yang bisa kami kembangkan," kata Jokowi di Panggung Sekolah Hutan Kawasan Hutan Pinus Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Jumat (28/9).

Indonesia merupakan negara nomor 9 yang hutannya paling luas di dunia. Negara lain seperti Norwegia, Finlandia dan Denmark, bisa mengembangkan dengan maksimal potensi hutannya.

"Industri kehutanan sangat luas, kami harus bekerja semuanya. Saya lihat mulai kelihatan, tapi hati-hati. Saya ikuti terus ini," tutur Jokowi saat memberikan sambutan di Festival Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tingkat Nasional dan Pameran Usaha Kehutanan.

Pengembangan industri kehutanan juga bisa dengan pariwisata. Seperti yang telah dilakukan di Hutan Mangunan, Kecamatan Bantul. "Hutan Pinus di Mangunan ini saya biasanya lihat di Instagram. Karena ini adalah Instagramable," ucapnya.

Jokowi bersama istrinya, Iriana Jokowi berkunjung ke Jogjakarta sejak Kamis (27/9) kemarin. Keduanya sempat menyapa warga dengan menaiki Andong di Jalan Malioboro.

Selanjutnya, Jokowi dan Ibu Negara berkunjung ke Keraton Jogjakarta sebelum akhirnya berangkat ke Hutan Mangunan. Jokowi juga sempat menemui Gubernur DIJ Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta keluarga. "Tadi pagi cuma makan makanan kecil, makan cenil sama lapis. Makannya sekitar 10 menitan," kata istri Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Hemas.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up