JawaPos Radar

Tak Ada Sanksi Kepala Daerah Yang Tak Maksimal Sosialisikan Vaksin MR

28/09/2018, 13:25 WIB | Editor: Kuswandi
vaksin Meales Rubela
Ilustrasi: Seorang petugas kesehatan sedang memberikan vaksin kepada balita (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kementerian Dalam Negeri menegaskan tidak ada sanksi bagi kepala daerah yang tidak memaksimalkan para tenaga kesehatan untuk memenuhi target pemberian vaksin meales rubella (MR) kepada anak. Namun setiap kepala daerah diharuskan mensosialisasikan manfaat vaksin tersebut.

"Tidak ada (pemberian sanksi untuk kepala daerah)," kata Kapuspen Kemendagri Bahtiar saat dikonfirmasi JawaPos.com, Jumat (28/9).

Menurut Bahtiar, pemerintah daerah bersama tenaga kesehatan tengah menginformasikan maanfaat dari vaksin tersebut. Meski dinilai mengandung babi, vaksin MR harus diberikan kepada anak.

Vaksin
Ilustrasi: Infografis vaksin MR (Rofiah Darajat/JawaPos.com)

"Sosialisasi dan komunikasi tim kesehatan dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama diperbaiki dan ditingkatkan," ucap Bahtiar.

Oleh karena itu, Kemendagri berupaya agar vaksin MR dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Hal ini senantiasa untuk menjaga kesehatan anak.

"Niat baik pemerintah membuat masyarakat sehat, realitas masyarakat memiliki keyakinan tertentu. Maka tugas kita tidak boleh berhenti dan harus sabar memberi pengertian masyarakat," jelasnya.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up