JawaPos Radar

Asian Para Games 2018

Biasa Main Bowling, Asep Tidak Temui Kesulitan Turun di Lawn Bowl

28/09/2018, 12:46 WIB | Editor: Banu Adikara
Asian Para Games 2018, lawn bowl, Indonesia, INAPGOC
Atlet lawn bowl Indonesia Asep Darmawan (Bintang Rahmat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kendati baru pertama kali turun dalam olahraga lawn bowl, Asep Darmawan mengaku tidak terlalu kerepotan dalam menjalaninya. Sebelum menjadi atlet lawn bowl, Asep memiliki pengalaman di cabang olahraga bowling.

"Saya terakhir mengikuti bowling. Olahraga itu memiliki persamaan dengan lawn bowl, cara melemparnya. Paling yang beda hanya lapangan saja, yang satu di dalam ruangan, yang lain di luar," ujar Asep saat ditemui di sela-sela persiapan Asian Para Games 2018 yang akan berlangsung 6-13 Oktober nanti.

Selain perbedaan lapangan, Asep menjelaskan bahwa lawn bowl tidak menggunakan pin seperti bowling. Sebagai gantinya, olahraga khusus penyandang disabilitas ini menggunakan bola bernama jack sebagai pengganti pin. Semakin dekat bola yang digelindingkan dengan jack, maka semakin besar poin yang didapat.

"Perbedaannya lainnya, kalau bowling harus menjatuhkan pin. Sementara kalau lawn bowl mendekati jack," ujar Asep.

Asep pun mengaku sudah dapat beradaptasi dengan venue yang akan digunakan nanti. Persiapan pribadinya pun sudah memadai.

"Setelah latihan, saya sudah mulai dapat beradaptasi. Saya sudah bisa meyesuaikan dan melihat celahnya. Jadi (teknik melempar, Red) bola itu ada yang backhand dan forehand, setelah dipelajari ketemu sela-sela kapan harus backhand atau forehand. Saya rasa persiapan sudah cukup, karena latihan sudah dari bulan Januari. Persiapan latihannya di Solo dari bulan januari," jelasnya.

(mat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up