JawaPos Radar

10 Tahun Berjuang Tumbuhkan Literasi di Kalangan Anak Muda

Gramedia Reading Community Competition 2018.

28/09/2018, 11:39 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
Gramedia Reading Community Competition 2018,
Taman Bacaan Masyarakat Gelaran Jambu menjadi salah satu pemenang Gramedia Reading Community Competition. (https://www.yooying.com/tbmgelaranbukujambu)
Share this image

JawaPos.com - Buku adalah jendela dunia. Dengan banyak baca, seseorang akan merasa lebih bebas dengan pikirannya. Sehingga penting untuk menumbuhkan minat baca masyarakat khususnya anak-anak.

Seperti yang dilakukan seorang guru, Ikhwan Susilo asal Kediri, Jawa Timur. Demi mendorong minat baca di lingkungannya, ia mendirikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) bernama Gelaran Jambu di Kediri. Hal ini didasari karena banyak anak sekolah yang pendidikan berhenti hanya dijenjang MTS atau setara dengan SMP.

10 tahun berjuang menyebarkan semangat membaca, Ikhwan memang dibantu temannya untuk mendirikan TBM Gelaran Jambu. Tak hanya sekedar menularkan biasa membaca buku, TBM Gelaran Jambu juga mendorong anak-anak untuk menulis kreatif dan menerbitkan buku.

Gramedia Reading Community Competition 2018,
Konferensi pers Gramedia Reading Community Competition 2018 (Inri Sembiring/JawaPos.com)

Sehingga, anak-anak dapat belajar mengembangkan diri dan mengenal baik bagaimana cara menulis yang tepat. Meski TBM Gelaran Bambu memang gencar menumbuhkan semangat membaca dan menulis, tapi ada program lainnya yang melibatkan keluarga. Yakni dengan memberi arahan kalau pendidikan sangatlah penting.

Bahkan, TBM Gelaran Jambu pun menggelar event tahunan yaitu Festival Kampung Literasi dengan memberikan penghargaan pada ibu yang memberikan edukasi bagi keluarganya dengan baik. Atas dedikasinya dalam dunia literasi, TBM Gelaran Jambu akhirnya mendapat apresiasi dalam Gramedia Reading Community Competition 2018.

“Di kota kami jarang sekali ada apresiasi, dengan begitu kami pun jadinya masih kesulitan dalam berjejaring buku dengan siapapun, jadi akhirnya akses buku ini kami selalu mandiri, ternyata bantuan atau apresiasi itu justru datang dari luar kota kami, baik dari kementerian maupun Gramedia,” ujar Ahmad Ikhwan Susilo, ketika ditemui di Gramedia Matraman, Kamis (27/9).

Perlu diketahui, Ini merupakan tahun kedua Gramedia Reading Community Competition diadakan, setelah diselenggarakan pertama kali pada tahun 2016. Terdapat 987 TBM di seluruh Indonesia yang telah mengikuti kompetisi ini. Dan sebanyak 20 TBM yang telah terpilih sebagai pemenang dari daerah Sumba, Papua Barat, Yapen Papua, Maluku, Deli Serdang, Lhokseumawe, Karo, Palembang, Banyuwangi, Jember, Gresik, Kediri, Purwokerto, Purbalingga, Gunung Kidul, Tegal, Parung, Ciputat, Cengkareng, dan Bogor.

Sebuah penghargaan diharapkan bisa memberikan semangat kepada para penggiat literasi. Hal ini juga mendorong minat baca masyarakat di Indonesia semakin banyak lagi.

(Inr/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up