JawaPos Radar

Kantor Pos Sediakan Loket Khusus Bagi Pendaftar CPNS

28/09/2018, 10:59 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Kantor Pos
Kantor Pos Malang sediakan ruangan khusus untuk pengiriman berkas CPNS. (Fisca Tanjung/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - PT Pos Indonesia turut berkontribusi saat pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Seperti yang dilakukan PT Pos Cabang Malang yang menyediakan ruang khusus bagi pendaftar CPNS yang hendak mengirimkan berkas. Selain Kota Malang, hal ini juga berlaku untuk Kota Batu.

Manajer Penjualan PT Pos Malang Imam Syafi'i menerangkan, kantor pos bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang dan Kota Batu. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir adanya transaksi nonprosedural.

"Jadi pendaftar tidak menyerahkan langsung ke kantor BKD, melainkan dikirim melalui pos. Selain online, mereka (BKD) nggak berhubungan tatap muka dengan pelamar," tutur Imam, Jumat (28/9).

Adapun alur pengirimannya, pelamar CPNS bisa datang ke Kantor Pos Malang. Nantinya, pendaftar mendapatkan sampul balasan perlakuan khusus CPNS. Mereka harus mengisi sampul balasan dengan alamat lengkap.

Selanjutnya, Sampul balasan yang sudah diisi lengkap diserahkan pada petugas loket khusus. Usai pengiriman, pelamar CPNS mendapatkan bukti resi pengiriman.

Loket khusus bagi pendaftar CPNS dibuka sesuai jam kerja. Yakni, mulai pukul 08.00 WIB hingga 19.00 WIB. "Kami buka tiga loket khusus disertai ruang tunggu dan meja pengisian alamat di lantai dua kantor pos," terang Imam.

Berkas yang dikirim akan langsung didistribukan ke BKD Kota Malang dan Kota Batu. "Untuk sementara ada dua jadwal pengiriman. Yakni, pagi dan sore. Tetapi jika antusias sangat tinggi, nanti pengirimannya tiga gelombang. Jadi berkas pelamar langsung masuk, tidak tertunda-tunda," paparnya.

Pengiriman melalui Kantor Pos hanya dilakukan di beberapa daerah saja. Selain Kota Malang dan Kota Batu, juga ada Blitar, Jember, Bali, hingga Mahkamah Agung.

Kepala BKD Kota Malang Anita Sukmawati menambahkan, pendaftaran CPNS untuk Jatim termasuk Kota Malang baru mulai hari ini sampai 12 Oktober mendatang. "Selain harus mengisi data secara online, pelamar juga wajib mengirimkan surat lamaran secara fisik melalui kantor pos," imbuhnya.

Sebagai informasi, Kota Malang menyediakan 282 formasi pada pendaftaran CPNS 2018. Paling banyak ada di sektor tenaga pendidik atau guru, yakni sebanyak 230 posisi. Posisi lainnya untuk tenaga kesehatan sebanyak 39 lowongan, dan tenaga infrastruktur teknis sebanyak 6 lowongan. Info terkait pendaftaran bisa diakses melalui http://sscn.bkn.go.id yang merupakan situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN).

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up