JawaPos Radar

Liga 2 2018

Kompetisi Sementara Berhenti, Persiba Justru Siap Jamu PSBS

28/09/2018, 10:38 WIB | Editor: Agus Dwi W
persiba balikpapan
Persiba Balikpapan tetap bersiap untuk lakoni laga lanjutan Liga 2018. (Dok Kaltim Post)
Share this image

JawaPos.com - PSSI telah resmi mengumumkan penghentian untuk sementara kompetisi Liga 1 2018. Hal ini diambil sebagai buntut dari kasus pengeroyokan yang dilakukan oknum suporter Persib terhadap Haringga Sirla, akhir pekan lalu. Penghentian sementara ini tanpa ada ikatan waktu yang jelas.

Kendati demikian, Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi tak sama sekali menyinggung soal pemberhentian pertandingan untuk Liga 2. Surat resmi PSSI pun sudah disebar ke seluruh peserta kompetisi Liga Indonesia. Termasuk surat yang diterima manajemen Persiba Balikpapan dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator pertandingan.

”Surat sudah kami terima. Artinya, kompetisi Liga 2 sepertinya tidak mengalami hal serupa seperti Liga 1 dan tetap dilanjutkan,” kata Sekretaris Umum Persiba, Irfan Taufik, Rabu (26/9).

Dalam surat dengan nomor 4195/AGB/1903/IX-2018 perihal aktivitas kompetisi PSSI, memang tidak disebutkan kompetisi Liga 2 ikut berhenti. Dalam isi surat tersebut, berdasarkan keputusan rapat Komite Eksekutif PSSI 25 September, meminta agar PT LIB menghentikan sementara kompetisi Liga 1 hingga waktu yang akan ditentukan kemudian.

Sementara seluruh program PSSI lainnya tetap berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Baik kompetisi Liga 2, Liga 3, Liga 1 U-16 dan U-19, maupun Piala Suratin U-17, U-15, dan U-13 serta program lainnya. Baik level provinsi maupun nasional 

Direktur Operasional Persiba, Yasser Arafat menambahkan, laga Persiba versus PSBS Biak pada Sabtu (29/9) besok juga telah mendapatkan perangkat wasit yang akan memimpin. Artinya, sampai saat ini kompetisi Liga 2 tetap berjalan.

”Kalau surat resmi soal pemberhentian belum ada, berarti Liga 2 masih berjalan,” imbuhnya.

Selain PSSI, Kemenpora juga menyarankan untuk menyetop Liga 1. Hal itu dijelaskan Imam Nahrawi yang memutuskan menghentikan seluruh kegiatan Liga Indonesia selama dua pekan sebagai buntut meninggalnya suporter di laga Persib Bandung vs Persija Jakarta.

"Seluruh masyarakat tentu berduka cita mendalam kepada keluarga almarhum. Semoga amal dan ibadah almarhum diterima dan keluarga diberi ketabahan, kesabaran, sekaligus rela melepas kepergian almarhum. Kami betul-betul memahami duka bundanya, keluarga besar, dan teman-teman," kata Menpora Imam di halaman Kantor Kemenpora, Senayan.

"Setelah dapat laporan dari berbagai pihak dan BOPI sudah melakukan pertemuan, pemerintah meminta liga sepak bola dihentikan sementara selama dua pekan," tambahnya. 

(ham/kpnn/is/k15)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up