JawaPos Radar

Parlemen Kanada Hapus Gelar Warga Kehormatan Aung San Suu Kyi

28/09/2018, 10:20 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
aung san suu kyi, rohingya
Dengan suara bulat, Parlemen Kanada secara efektif menghapus gelar Pemimpin De Facto Myanmar dari kewarganegaraan kehormatan Kanada akibat gagalnya mengatasi krisis Rohingya (AFP)
Share this image

JawaPos.com – Dengan suara bulat, Parlemen Kanada secara efektif menghapus gelar Pemimpin De Facto Myanmar dari kewarganegaraan kehormatan Kanada akibat gagalnya mengatasi krisis Rohingya. Dilansir Gulf News pada Jumat, (28/9), penarikan tersebut terkait dengan citra Suu Kyi dalam penyelesaian kasus rohingya yang gagal.

“Pada tahun 2007, House of Commons memberikan Aung San Suu Kyi status warga negara Kanada yang terhormat. Hari ini, DPR dengan suara bulat menyampaikan mosi untuk menghapus status ini, ”kata Juru Bicara Menteri Luar Negeri Adam Austen.

Kampanye militer brutal yang dimulai tahun lalu membuat lebih dari 700.000 Muslim Rohingya melarikan diri dari Myanmar ke negara tetangga Bangladesh, tempat mereka sekarang tinggal di kamp-kamp pengungsi yang sempit. Mereka takut kembali ke Myanmar yang mayoritas beragama Budha meski ada kesepakatan repatriasi.

aung san suu kyi, rohingya
Kewarganegaraan kehormatan Kanada hanya diberikan kepada lima orang lain termasuk Dalai Lama, gadis pendukung pendidikan Malala Yousafzai dan Nelson Mandela (RT)

Banyak yang telah memberikan laporan pembunuhan di luar proses hukum, kekerasan seksual, dan pembakaran. Militer membantah hampir semua kesalahan, membenarkan tindakan kerasnya sebagai cara sah untuk membasmi militan Rohingya.

Tapi setelah misi pencarian fakta, PBB pada hari Kamis membentuk panel untuk mempersiapkan dakwaan terhadap panglima militer Myanmar dan lima komandan militer atas lainnya atas kejahatan terhadap kemanusiaan.

Pemerintahan Suu Kyi yang terpilih secara demokratis tetap berada dalam keseimbangan kekuasaan yang kuat dengan para jenderal, yang kehadirannya di parlemen memberi mereka hak veto yang efektif atas perubahan konstitusional. Kewarganegaraan kehormatan Kanada hanya diberikan kepada lima orang lain termasuk Dalai Lama, gadis pendukung pendidikan Malala Yousafzai dan Nelson Mandela.

(ina/iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up