JawaPos Radar

Kenali 5 Tanda Trigeminal Neuralgia, Gangguan Saraf Pada Wajah

28/09/2018, 09:05 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
penyebab wajah nyeri, Trigeminal neuralgia,
Ilustrasi seseorang yang merasakan nyeri pada bagian wajah. (Executive Style)
Share this image

JawaPos.com - Jangan anggap remeh saat wajah terasa nyeri tiba-tiba. Awalnya mungkin biasa, namun lama kelamaan akan menjadi semakin hebat.

Masyarakat harus mulai mengenali gejala penyakit Trigeminal Neuralgia. Secara medis trigeminal neuralgia sering disebut douloureux, yakni kondisi gangguan pada saraf trigeminal di daerah wajah pasien.

Nyeri trigeminal terjadi ketika ada kontak antara pembuluh darah arteri atau vena dengan saraf trigeminal. Meski belum ada data jumlah penderitanya di Indonesia, namun di luar negeri penyakit ini cukup menjadi perhatian.

penyebab wajah nyeri, Trigeminal neuralgia,
Pakar Nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta, dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS menjelaskan penyakit gangguan saraf Trigeminal Neuralgia. (Rieska Virdhani/JawaPos.com)

Dalam konferensi pers di Jakata, Kamis (27/9), Pakar Nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta, dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS, menjelaskan dengan berkembangnya teknologi kedokteran saat ini, ada beberapa pilihan terapi yang dapat dilakukan untuk pasien trigeminal neuralgia. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien karena terbebas dari rasa sakit.

Pilihan terapi yang dimaksud meliputi pemberian obat-obatan, suntikan, dan operasi serta teknologi minimally invasive seperti radiofrekuensi ablasi. Dia menjelaskan ada beberapa tanda dan gejala yang sering muncul pada pasien dengan trigeminal neuralgia. Skala nyerinya pun berbeda.

Seperti Sengatan Listrik

Nyeri baik yang bersifat ringan hingga berat. Umumnya rasa nyeri yang dirasakan pasien seperti sengatan listrik dan sering datang secara tiba-tiba.

Spontan

Nyeri spontan yang dipicu oleh hal-hal kecil seperti menyentuh wajah, mengunyah, berbicara atau saat sedang menggosok gigi. Bahkan terkena rambut sendiri pun terasa nyeri.

Hitungan Detik dan Menit

Nyeri Trigeminal Neuralgia bisa berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit. Pada kondisi yang berat nyeri hadir setiap saat bahkan hingga berbulan-bulan yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan penderitanya.

Menyerang Area Wajah

Nyeri yang terjadi pada pasien khas, di daerah wajah yang dilalui saraf trigeminal. Termasuk di antaranya di daerah pipi, rahang, gigi, gusi, bibir dapat juga terjadi nyeri di daerah sekitar mata dan dahi.

Fokus Pada Satu Titik

Nyeri trigeminal biasanya terfokus pada satu titik. Namun tidak menutup kemungkinan nyeri kemudian menyebar membentuk pola yang lebih luas di wajah. Nyeri biasanya menjadi lebih sering muncul dari waktu kewaktu dengan derajat nyeri yang umumnya lebih berat.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up