JawaPos Radar

Pelindo I Cari Investor Kembangkan Pelabuhan Kuala Tanjung Fase Kedua

28/09/2018, 09:10 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Pelindo I Cari Investor Kembangkan Pelabuhan Kuala Tanjung Fase Kedua
Diskusi pengembangan kawasan industri di Pelabuhan Kuala Tanjung, Medan yang diselenggarakan PT Pelindo I, Kamis (27/9) (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I saat ini tengah serius mencari investor untuk mengembangkan Komplek Kawasan industri di Pelabuhan Kuala Tanjung, Medan. Pengembangan kawasan industri ini merupakan fase kedua dari pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Pelindo I Iman A Sulaiman menjelaskan, kawasan industri ini dikembangkan perseroan untuk menjadikan Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai Hubungan Internasional.

Menurutnya, kawasan industri tersebut memiliki lahan 3.000 hektare yang bisa dikembangkan oleh kalangan perusahaan.

"Jadi di dalam Pelabuhan Kuala Tanjung kita ingin terpadu, ada fasilitas pelabuhan, dermaga peti kemas, seaway. Kapasitas pelabuhannya itu 10 juta teus dengan panjang dermaga 6.000 meter," ujarnya di Jakarta, seperti diberitakan Jumat (28/9).

Iman merincikan, terdapat enam sektor industri yang diprioritaskan masuk dalam kawasan industri Pelabuhan Kuala Tanjung yang diantaranya, ‎Petrochemical Base, metal, energi, semen, otomotif, dan food and beverage. Investasi untuk membangun kawasan industri ini sekitar Rp 7 triliun hingga Rp 10 triliun.

"Jadi kita beda dengan KEK Sei Mangkei, kalau Sei Mangkei kan sawit base, kalau kita indutri petrochemical. Karena kita harapkan logistik 6 kelompok yang potensial," tuturnya.

Iman menambahkan, hingga saat ini perusahaan terus mempromosikan kawasan industri Kuala Tanjung tersebut. ‎Saat ini, sambung dia, sudah terdapat perusahaan yang tertarik menempati kawasan industri tersebut.

"Memang ketertarikan sudah ada tetapi belum sampai letter of interest (LOI)‎," tandasnya.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up