JawaPos Radar

Kembali Terbakar, 15 hektare Lahan Gunung Panderman Hangus

27/09/2018, 20:00 WIB | Editor: Dida Tenola
Kembali Terbakar, 15 hektare Lahan Gunung Panderman Hangus
Hutan di kawasan lereng Gunung Panderman, Kota Batu yang terbakar, Kamis (27/9) (Fisca Tanjung/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Hutan di kawasan lereng Gunung Panderman, Kota Batu kembali terbakar, Kamis (27/9). Setidaknya ada sekitar 15 hektare lahan yang terbakar. Kebakaran diduga karena ulah orang yang tidak bertanggungjawab.

Kebakaran terjadi di tiga petak. Yakni petak 219 A, 219 B, dan 220 B. Posisinya berada di sebelah Barat, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Api pertama kali diketahui sekitar pukul 10.45 WIB. 40 petugas yang berasal dari Perhutani, kepolisian, dan warga sekitar diterjunkan untuk memadamkan api. 

Polisi Hutan, Tri Agus Susilo mengatakan, kebakaran didga terjadi karena kelalaian orang tidak bertanggung jawab.”Diduga ada orang yang sengaja membakar rumput kering untuk membuka lahan pada (Kamis) pagi hari," kata Tri.

Tri melanjutkan, lahan seluas 15 hektare di kawasan Gunung Panderman ludes terbakar api. Pemadaman api dilakukan dengan peralatan seadanya. Lokasi kebakaran sendiri cukup sulit dijangkau petugas dan masyarakat sekitar.

Selain kesulitan menjangkau titik api, mereka juga kesulitan mendapat ait. ”Lokasinya memang jauh dari sumber air,” tambah Tri.

Agar kebakaran tidak meluas, petugas membuat sekat api. Beruntung, kebakaran tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

 

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up