JawaPos Radar

Cari Kelelawar, Warga Gunungkidul Temukan Sumber Air di Dalam Gua

27/09/2018, 20:05 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Sumber Air di Goa
SUMBER AIR: Mulut gua di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, yang di dalamnya ditemukan sumber air. (dok. Polsek Purwosari)
Share this image

JawaPos.com - Secercah asa menyambut warga di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) saat menghadapi bencana kekeringan setiap tahunnya. Terlebih usai penemuan sebuah sumber mata air di dalam gua pada Senin (24/9).

Kepala Dusun Blado, Desa Giritirto, Kecamatan Purwosari Witanto mengatakan, gua dengan sumber air itu ditemukan oleh warganya bernama Jumakir saat sedang mencari kelelawar dengan ketiga rekannya. "Air yang ditemukan itu cukup jernih, debitnya juga besar," katanya kepada wartawan, Kamis (27/9).

Setelah temuan sumber air itu, warganya pun telah mulai mengambilnya. Meski kondisi medannya cukup sulit, karena masih terjal. Untuk mengambil air tersebut, warga harus merangkak selama 20 menit di dalam lorong gua untuk mencapai sumber air itu.

Sementara ini, warga masih bersusah payah untuk mengambil air tersebut lantaran upaya menyedot sumber air dengan pompa listrik, masih gagal. “Jadi masih manual, sudah diambil dengan jerigen,” paparnya.

Keberadaan sumber air tersebut, sedikit banyak telah membantu warganya terutama saat menghadapi bencana kekeringan yang dirasakan setiap tahunnya. Terlebih harga air bersih di wilayahnya cukup tinggi. Yaitu mencapai Rp 150 ribu per tangki dengan muatan kisaran 5 ribu liter air.

Sementara itu, Camat Purwosari, Agung Danarta menambahkan, atas temuan sumber air itu pihaknya juga berencana berkoordinasi dengan pihak terkait. Supaya ada upaya penelitian terkait debit airnya.

"Meski kemarau, debit airnya cukup besar. Kalau ada penelitian nanti akan koordinasi dengan warga," pungkasnya.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up