JawaPos Radar

Momen Bahagia Saat Jonan Peluk Bos Besar Freeport

27/09/2018, 19:29 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Momen Bahagia Saat Jonan Peluk Bos Besar Freeport
Menteri ESDM Ignasius Jonan memeluk CEO Freeport McMoRan Inc. Ricard C Adkersen (MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)
Share this image

JawaPos.com - Holding Industri Pertambangan PT Inalum (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya mencapai kata sepakat dalam perjanjian Sales and Purchase Agreement (SPA). Kesepakatan ini merupakan kelanjutan dari pokok-pokok perjanjian (Head of Agreement) terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PT Freeport Indonesia (PTFI) ke Inalum.

Sejumlah perjanjian tersebut meliputi Perjanjian Divestasi PTFI, Perjanjian Jual Beli Saham PT Rio Tinto Indonesia (PTRTI), dan Perjanjian Pemegang Saham PTFI.

Dengan kesepakatan itu, saham PTFI yang dimiliki PT Inalum akan meningkat dari 9,36 persen menjadi 51,23 persen. Pemda Papua akan memperoleh 10 persen dari 100 persen saham PTFI. Perubahan kepemilikan saham ini akan resmi terjadi setelah transaksi pembayaran sebesar USD 3,85 miliar atau setara dengan Rp56 triliun kepada FCX diselesaikan sebelum akhir tahun 2018.

Momen Bahagia Saat Jonan Peluk Bos Besar Freeport
Menteri ESDM Ignasius Jonan (kedua kanan) bersama Menkeu Sri Mulyani (kiri), Menteri BUMN Rini Soemarno (ketiga kiri), menyaksikan penandatangan akuisisi PT Freeport Indonesia (MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)

Usai penandatanganan tersebut, ada momen bahagia terjadi. Menteri ESDM Ignasius Jonan dan CE0 FCX saling berpelukan. Awalnya, Jonan sempat malu-malu untuk berpelukan, namun karena banyak suara yang meminta keduanya berpelukan, mantan Menteri Perhubungan itu pun akhirnya saling berpelukan.

Dalam momen itu, Richard tampak tersenyum lebar sambil malu-malu. Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN yang menyaksikan adegan tersebut juga tersenyum.

Pelukan ini pun menjadi penegasan atas kebahagian kedua belah pihak atas terjalinnya kesepakatan untuk mengambil alih saham PTFI.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up