JawaPos Radar

Apresiasi Budaya Jawa, UNS Luncurkan Jawametrik

27/09/2018, 19:30 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Peluncuran Jawametrik
JAWAMETRIK: Rektor UNS, Ravik Karsidi saat meluncurkan Jawametrik, Kamis (27/9). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo meluncurkan Jawametrik (UNS Kavanese Cultural Metric), Kamis (27/9). Jawametrik merupakan sistem pengukuran terhadap lembaga yang mengembangkan budaya Jawa baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Saat ini sudah ada 83 universitas di sejumlah negara yang sudah bekerja sama dalam pengembangan budaya Jawa. 

Rektor UNS Ravik Karsidi menjelaskan, Jawametrik akan melakukan perangkingan terhadap perguruan tinggi, lembaga, institusi dan organisasi pendidikan formal, informal dan non formal secara konsisten turut menangkar dan mengembangkan budaya Jawa.

Baik yang ada di dalam negeri maupun yang ada di luar negeri. Dengan adanya perangkingan akan diketahui lembaga yang paling peduli menangkar dan mengembangkan budaya Jawa. 

"Nanti kami akan memberikan penghargaan berupa award setiap tahunnya di bulan Oktober," urai Ravik di sela peluncuran Jawametrik di UNS, Kamis (27/9).

Nantinya, lanjut Ravik, setiap tahun Jawametrik akan merilis lembaga dunia yang paling peduli terhadap budaya Jawa. Dengan banyaknya lembaga yang terlibat dalam pengembangan budaya Jawa diharapkan nantinya tidak hanya bisa mendapatkan pengakuan dunia internasional, tetapi juga sebagai upaya UNS untuk menguri-uri budaya Jawa. 

"Terlebih selama ini, UNS juga konsen dalam pengembangan budaya Jawa. UNS juga berkomitmen untuk terus mengembangkan sistem perangkingan dan jaringan dalam budaya Jawa," ucapnya.

Ravik juga mengatakan, ada beberapa tujuan dihadirkannya Jawametrik, yang pertama adalah memberikan informasi dari berbagai lembaga seluruh dunia, melindungi, mengembangkan, memanfaatkan budaya jawa. Tersusunnya database dari Jawametrik, pusat kebudayaan Jawa.

"Tujuan tidak langsung, budaya jawa akan nampak kontribusinya. Mewujudkan perdamaian dunia yang lebih baik," pungkasnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up