JawaPos Radar

Pilpres 2019

Ma'ruf Amin Disebut Cuma Main di Zona Nyaman, Ini Pembelaan Hasto

27/09/2018, 18:21 WIB | Editor: Estu Suryowati
Ma'ruf Amin Disebut Cuma Main di Zona Nyaman, Ini Pembelaan Hasto
Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mendapat nomor urut 1. Sementara pasangan Prabowo-Sandi mendapatkan nomor urut 2 di Pilpres 2019. (Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Meski masa kampanye sudah dimulai, namun hingga kini pergerakan calon wakil presiden nomor urut 1 Ma'ruf Amin belum jauh-jauh dari lingkup ulama. Pasangan petahana, Joko Widodo (Jokowi) itupun disebut-sebut masih bermain di zona nyaman.

Menurut Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto, hal itu wajar saja dilakukan sebagai salah satu strategi kampanye. Koalisi, kata dia, tengah berupaya menguatkan basis pemilih yang linear dengan latar belakang Ma'ruf Amin.

"Dalam sebuah strategi, langkah pertama adalah memperkuat basis. Sehingga kehadiran Ma'ruf Amin mendatangi sahabat-sahabat beliau itu adalah hal yang positif dan seharusnya dilakukan," katanya di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/9).

Selain mendekati basis asal pasangan calon, Hasto menambahkan, ada pula strategi menyerang lawan. Namun, ini hanya dilakukan ketika pertahanan lemah. Sehingga, strategi ini tidak menjadi prioritas.

"Menyerang basis lawan kalau pertahanan kita masih bolong," imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjut Hasto, tim lebih menekankan pada kolektivitas dukungan dari basis pasangan calon dan koalisi. "Bagaimana kita ini bekerja kan secara kolektif. Di mana ada pergerakan secara kolektif dengan cara-cara gotong-royong," pungkasnya.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up