JawaPos Radar

International Tour de Banyuwangi Ijen 2018

200 Meter Penentu Kemenangan Jamalidin

27/09/2018, 18:08 WIB | Editor: Banu Adikara
International Tour de Banyuwangi Ijen 2018, Banyuwangi, Kawah Ijen, balap sepeda
Jamalidin Novardianto (PGN Road Cycling Team) finish terdepan pada etape kedua ITdBI 2018. (Humas Pemkab Banyuwangi)
Share this image

JawaPos.com – Jarak 200 meter menjelang finis menjadi penentu kemenangan Jamalidin Novardianto dari PGN Road Cycling Team di etape kedua International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2018. Jamalidin menyelesaikan balapan Kamis (27/9) hari ini dengan catatan waktu 4 jam, 9 menit dan 17 detik.

Jamalidin unggul atas pembalap asal Yunani Bouglas Georgios (Ningxia Sports Lottery - Livall Cycling team) dan Bernard van Aert (Java-Partizan Pro Cycling Team). “Saya memang dipersiapkan untuk sprint hari ini. Kami bekerja secara tim ketika terjadi bunch sprint (sprint secara bersamaan menjelang finish, Red),” ucap Jamalidin seusai balapan.

Etape kedua ITdBI 2018 menjadi makanan empuk bagi para sprinter. Meskipun menempuh jarak paling panjang yakni 179.3 km, namun para pembalap disuguhi medan yang cenderung mendatar mulai start hingga garis finis. Satu-satunya ‘musuh’ para rider hanya cuaca yang sangat panas.

Sejak start di Stasiun Kalibaru para pembalap bergerombol dalam satu rombongan besar. Rombongan besar ini bertahan hingga balapan berjalan 40 km. Peloton baru terurai setelah sejumlah pembalap melakukan brekaway pasca melewat intermediate pertama di Sukerejo.

Aiman Cahyadi (Sapura), Kane Richards (Team McDonalds Down Under) dan Matej Drinovec (Team ProCyclingStats.com) adalah sejumlah pembalap yang memimpin di barisan terdepan.

Tertangkapnya para leader oleh rombongan besar membuat persaingan menuju garis finis semakin sengit. Mereka saling adu strategi untuk mendorong para sprinter-nya ke garis depan. Walaupun 79 pembalap finis secara bersamaan, Jamalidin dinyatakan sebagai yang tercepat pada balapan hari ini.

“Ketika balapan kurang dari satu kilometer, teman-teman membawa saya ke depan hingga 200 meter terakhir menjelang finis. Pada 200 meter terakhir itulah penyelesaian akhir saya. Saya bisa menjadi juaranya ya dari 200 meter itu,” jabar pembalap asal Malang ini.

Meskipun berhasil finish pertama, Jamalidin gagal merebut yellow jersey dari tangan Marcus Culey (St George Continental Cycling Team). Pembalap asal Australia ini masih memimpin klasemen umum kategori pembalap. Ia unggul 1 menit dan 37 detik atas rekan setim dan senegaranya Mathew Zenovich.

(saf/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up