JawaPos Radar

Jangan Keliru, Virus HIV/AIDS Tak Akan Menular Karena Kontak Fisik

27/09/2018, 18:03 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
hiv aids, cara penularan hiv aids,
Ilustrasi. HIV AIDS tidak akan tertular jika hanya kontak fisik. (The guardian,)
Share this image

JawaPos.com - Penyakit HIV/AIDS masih menjadi momok di tengah masyarakat. Kurangnya pemahaman masyarakat akan penularan virus /AIDS sering kali merugikan penderita. Padahal, berada di dekat Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) tidak akan menularkan virus.

Hal ini ditegaskan Prof. David H. Muljono selaku Deputi Direktur dan Peneliti dari Lembaga Eijkman dan Komite Ahli Hepatitis Nasional. Prof. David mengungkapkan kurangnya pengetahuan masyarakat akan penularan HIV/AIDS memang sering kali mendiskriminasi penderita. Mereka kadang takut tertular jika bergaul dengan ODHA.

“Sebetulnya kontak fisik, misal bersalaman, duduk berdekatan, atau intensitas bertemu yang cukup sering tidak menyebabkan suatu virus HIV itu menular,” ujar Prof. David H. Muljono ketika ditemui pada acara seminar kesehatan di Kantor Walikota Jakarta Timur, Kamis (27/9).

Hal senada pun diungkapkan Prof. Dr. Zubairi Djoerban yang menegaskan kalau dengan bersalaman denagn ODHA tidak akan menularkan virus HIV/AIDS. Begitupula ketika ia bersin, menggunakan handuk bersama, sabun, batuk, dan pilek. Bahkan gigitan nyamuk demam berdarah tidak bisa menularkannya.

“HIV/AIDS hanya dapat menular melalui hubungan seksual, transfusi darah, jarum suntik, atau ibu pengidap AIDS kepada anak yang dikandungnya,” ujar Prof. Dr. Zubairi Djoerban dalam kesempatan yang sama.

Sehingga, sebagai langkah pencegahan HIV AIDS, masyarakat dianjurkan untuk memeriksakan kesehatan. Bahkan, bagi mereka yang berisiko tertular tak ada salahnya melakukan konseling dengan layanan pencegahan.

Seperti diketahui,  HIV adalah sejenis virus yang menyerang atau menginfeksi sel darah putih yang menyebabkan turunnya kekebalan tubuh manusia. Kondisi pasien akan semakin memburuk bahkan meninggal dalam rentan waktu 2 hingga 7 tahun.

(Inr/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up