JawaPos Radar

Beginilah Cara Google Rayakan Ulang Tahun ke-20

27/09/2018, 18:01 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Google Ulang Tahun, Ulang Tahun Google, Google Doodle Ultah
Perayaan ulang tahun Google ke 20 dalam Doodle spesial yang berisi video. (Google)
Share this image

JawaPos.com - Google hari ini (27/9) merayakan ulang tahun ke-20. Pada momen spesial ini, Google membuat doodle khusus di mesin penelusurannya. Doodle tersebut muncul di halaman awal pencarian Google.

Tampilannya berupa tumpukan kotak hadiah di bagian bawah beserta balon bertuliskan Google dengan angka 20. Bukan sekadar Doodle, jika diklik, Doodle tersebut akan menampilkan video berdurasi 1 menit 37 detik.

Pantauan JawaPos.com, video yang tersemat dalam sebuah gambar Doodle itu secara garis besar memperlihatkan bagaimana Google menyediakan berbagai informasi dengan beragam bahasa yang berbeda.

Google Ulang Tahun, Ulang Tahun Google, Google Doodle Ultah
Koleksi beberapa Google Doodle yang pernah hadir di tanah air. (Google)

Sekadar informasi, logo Google yang sering muncul di halaman pertama penelusuran sering kali memiliki desain sangat menarik dan lucu. Logo tersebut disebut Google Doodle. Doodle dirancang khusus untuk merayakan momen tertentu, seperti hari jadi, ulang tahun artis, perintis, dan ilmuwan terkenal.

Pada 1998, pendiri Google, Larry dan Sergey memodifikasi logo perusahaan mereka untuk menunjukkan bahwa mereka akan hadir di festival Burning Man di Nevada. Larry dan Sergey menempatkan figur tongkat di belakang kata “o” ke 2 dari logo Google. Sejak saat itu, ide menghias logo perusahaan untuk merayakan peristiwa penting pun lahir.

Dua tahun kemudian pada 2000, Larry dan Sergey meminta Dennis Hwang, yang saat itu sedang magang di Google untuk membuat doodle guna merayakan Bastille Day. Doodle tersebut diterima sangat baik oleh para pengguna dan sampai saat ini Google Doodle masih menghiasi halaman Google.

Sejak pertama kali diluncurkan, Google telah membuat lebih dari 2000 doodles di seluruh dunia. Beberapa doodles tersebut bahkan memiliki tema khusus Indonesia, seperti pada Hari Kemerdekaan, Sumpah Pemuda, dan beberapa ulang tahun tokoh terkenal Indonesia. Ada pula beberapa hari penting lainnya seperti perayaan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang beberapa waktu lalu.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up