JawaPos Radar

Kento Momota Jadi Pebulu Tangkis Ranking 1 Dunia

27/09/2018, 17:58 WIB | Editor: Banu Adikara
Kento Momota, Jepang, bulu tangkis
Kento Momota resmi menjadi pebulu tangkis nomor 1 dunia pada pekan ini (Instagram @badminton_japan)
Share this image

JawaPos.com - Usaha dan kerja keras tidak akan mengkhianati hasil. Slogan tersebut sukses dibuktikan oleh pebulu tangkis putra Jepang Kento Momota. Sempat terpuruk lantaran tersandung kasus judi ilegal pada 2016, Momota sukses memulihkan reputasinya dengan menjadi pebulu tangkis ranking 1 dunia.

Berdasarkan data yang dihimpun dari tournamentsoftware.com, Momota resmi menghuni posisi nomor wahid sektor tunggal putra pada Kamis (27/9). Gelar juara yang ia raih di Jepang Terbuka 2018 dan posisi runner up di Tiongkok Terbuka 2018 membuat ia sudah mendulang 87.107 poin, menggeser Viktor Axelsen (Denmark) yang kini turun ke ranking 3 dengan akumulasi 77.704 poin.

Hasil ini sekaligus membuat Momota menorehkan sejarah manis bulu tangkis Jepang. Setelah menjadi pebulu tangkis putra Jepang pertama yang meraih juara di Jepang Terbuka, ia juga menjadi penepok bulu angsa Negeri Matahari Terbit pertama yang sukses menyandang titel sebagai pemuncak ranking dunia.

Posisi tersebut memang layak disandang Momota. Boleh dibilang, Momota saat ini merupakan satu dari segelintir pebulu tangkis putra yang bisa bermain dengan konsisten. Permainannya yang tenang namun mematikan, serta kemampuannya mengembalikan bola-bola sulit lawan menjadi salah satu ciri khas Momota di lapangan yang kerap mengundang decak kagum penonton.

Menyandang gelar sebagai juara Asia 2018 dan juara dunia 2018, Momota baru menderita lima kekalahan di sepanjang tahun ini. Dua di antaranya dari Anthony Sinisuka Ginting di Asian Games 2018 dan partai final Tiongkok Terbuka 2018.

Kehebatan Momota yang merupakan pebulu tangkis bertangan kidal tersebut juga sudah membuatnya digadang-gadang menjadi penerus legenda hidup Tiongkok Lin Dan yang sudah memasuki masa senjakala.

Perjalanan Momota memang masih panjang, mengingat usianya yang masih 24 tahun. Dengan asumsi performanya terus stabil hingga dua tahun ke depan, bukan tidak mungkin Momota bisa mengukuhkan statusnya sebagai raja bulu tangkis dunia bila ia sukses meraih gelar juara di Olimpiade Tokyo 2020 yang tentu menjadi target utamanya.

(ce1/kar/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up