JawaPos Radar

Pilpres 2019

Rommy: Tak Ada Sejarahnya Gusdurian Dukung Prabowo-Sandi

27/09/2018, 17:51 WIB | Editor: Estu Suryowati
Rommy: Tak Ada Sejarahnya Gusdurian Dukung Prabowo-Sandi
Yenny mengatakan, kader Gus Dur telah menetapkan dukungannya untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. (Desyinta Nuraini/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid yakin tidak semua Gusdurian mendukung Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Sebagaimana diketahui, dukungan Gusdurian ini dideklarasikan seiring pernyataan sikap keluarga Gus Dur yang diwakili oleh Yenny Wahid.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy justru memiliki keyakinan sebaliknya. Dia percaya keluarga Gus Dur dan Gusdurian kompak mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01.

"Tidak ada alasan historis maupun ideologis keluarga Gusdurian untuk memberikan dukungan kepada Prabowo-Sandi," ‎ujar pria yang akrab disapa Rommy itu di sela-sela Rapimnas PPP, Jakarta, Kamis (27/9).

Rommy: Tak Ada Sejarahnya Gusdurian Dukung Prabowo-Sandi
Pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapat nomor urut satu. Sedangkan, Prabowo-Sandi mendapat nomor urut dua. (Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)

Rommy mengklaim, aliran politik Prabowo sangat berbeda dari Gusdurian. Atas dasar itu, ia pun yakin Gusdurian bersama keluarga Gus Dur tetap solid mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. "Secara politik aliran dan kesejarahan mereka tidak pernah ketemu," katanya.

Anggota Komisi XI DPR RI itu juga melihat dukungan keluarga Gus Dur untuk Jokowi-Ma'ruf Amin sangat tulus. Dukungan itu pun diyakini menambah kekuatan untuk petahana di 2019.

"Saya yakin bahwa dukungan itu tulus, dukungan itu memberikan pengaruh signifikan," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid mengingatkan bahwa tidak semua pendukung Gus Dur alias Gusdurian mendukung pasangan calon presiden-wakil presiden Jokowi-Ma'ruf Amin. Pasalnya, kakak Yenny Wahid yakni Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid menyampaikan bahwa Gusdurian tetap netral.

(ce1/gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up