JawaPos Radar

Takut Di-sweeping, Pengendara Asal Bandung Nekat Ganti Pelat Nomor

27/09/2018, 17:50 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Takut Di-sweeping, Pengendara Asal Bandung Nekat Ganti Pelat Nomor
Pengendara asal Bandung nekat ganti pelat nomor kendaraan karena khawatir disweeping. (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Aksi pengeroyokan pendukung Persib Bandung kepada anggota The Jakmania, Haringga Sirla, 23, menyisakan tekanan psikis bagi masyarakat Bandung yang hendak menuju Jakarta. Tak sedikit warga Bandung merasa terancam saat melintas di jalanan ibu kota.

Terlebih belakangan beredar video hoax aksi sweeping dari anggota The Jakmania kepada pengendara berpelat D. Seperti dirasakan pengendara asal Cilumber, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Heryanto, 23. Dia akhirnya mendapat surat tilang dari polisi karena mengubah pelat kendaraannya dari D menjadi B saat melintas di Jalan Raya Kalibata, Jakarta Selatan.

Kepada polisi lalu lintas, Heryanto mengaku terpaksa mengganti mengganti pelat mobilnya menjadi B. Dirinya khawatir ada sweeping oleh anggota The Jakmania di perbatasan Bandung-Jakarta.

"Si pengendara asal Bandung itu kami terpaksa tilang karena mengubah pelat kendaraan dari D ke B, walau nomornya sama," ujar Panit Tindak Satlantas Jakarta Selatan, Ipda Deni Setiawan kepada JawaPos.com, Kamis (27/9).

Dia mengatakan, video hoax yang beredar di media sosial itu membuat takut pengendara asal Bandung. Menurut Deni, Heryanto menyimpan pelat aslinya di dalam mobil dan mengganti dengan pelat B. Seharusnya hal tersebut tidak perlu dilakukan.

"Tidak ada aksi sweeping kendaraan pelat D oleh The Jakmania. Aman-aman saja kok," kata Deni.

Sebelumnya, Kabidhumas Polda Metro Jaya, Argo Yuwono juga menjamin tidak akan ada sweeping oleh anggota The Jakmania kepada kendaraan berpelat nomor asal Bandung.

Polisi pun akan memperketat penjagaan di perbatasan Bandung-Jakarta guna memastikan situasi aman. "Kami akan mem-back up pengendara di perbatasan, dan kami pastikan aman," tegas Argo.

(ce1/wiw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up