JawaPos Radar

Ditemani Anies, Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Ruas Depok-Antasari

27/09/2018, 17:20 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Ditemani Anies, Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Ruas Depok-Antasari
Presiden Joko Widodo didamping Gubernur DKI Anies Baswedan dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meresmikan ruas tol Depok-Antasari (Salman Toyibi/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Depok-Antasari (Desari) ruas Antasari-Brigif sepanjang 5,8 kilometer, Kamis (27/9). Turut hadir dalam peresmian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro.

Proyek Tol Depok-Antasari dikelola oleh PT Citra Waspphutowa yang merupakan Anak Usaha PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. Beroperasinya ruas Tol Desari diharapkan akan meningkatkan konektivitas antara Jakarta dengan kota-kota penyangganya seperti Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kota Bogor.

"Dengan mengucap Bismillahirohmanirohim, Tol Depok-Antasari saya buka," kata Jokowi di Gerbang Tol Cilandak Utama, Kamis (27/9).

Ditemani Anies, Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Ruas Depok-Antasari
Gerbang ruas tol Depok-Antasari (Salman Toyibi/Jawa Pos)

Pembangunan Tol Desari terbagi dalam tiga seksi, yaitu seksi I ruas Antasari Brigif/Cinere sepanjang 5,80 Km seksi II ruas Brigif-Sawangan sepanjang 6,30 Km, dan seksi III Sawangan-Bojong Gede Bogor sepanjang 9,5 Km. Total panjang keseluruhan ruas tol Depok Antasari yaitu 21,60 Km.

Jalan Tol Depok Antasari rencananya juga akan terkoneksi dengan Tol Bogor Ring Road hingga Ciawi dengan penambahan ruang lingkup Bojong Gede-Salabenda sepanjang 6,5 Km. Pelayanan transaksi seluruhnya akan menggunakan nontunai melalui Gardu Tol Otomatis (GTO) Single dan GTO Multigolongan dengan menggunakan empat operator bank, yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA.

Untuk memantau kelancaran arus lalu lintas dan keamanan, Tol Desari juga memiliki pelayanan Sentral Komunikasi (Senkom). Layanan ini dilengkapi dengan 81 CCTV yang tersebar di sepanjang ruas jalan tol setiap jarak 500 meter dan lokasi penting lainnya seperti di gerbang tol dan simpang susun.

(ce1/uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up