JawaPos Radar

Libatkan Sandiaga Uno, Opera Mpu Tantular Tak Bicara Politik

27/09/2018, 17:20 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Libatkan Sandiaga Uno, Opera Mpu Tantular Tak Bicara Politik
Penampilan Rachel Maryam dalam pementasan teater musikal bertajuk 'Opera Mpu Tantular Lahir Kembali' di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (26/9) malam. (Issak Ramadhan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Melibatkan calon wakil presiden (cawapres) Sandiaga Uno urung tampil dalam pementasan teater musikal bertajuk Opera Mpu Tantular Lahir Kembali di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (26/9) malam.

Meskipun demikian, kampus Mpu Tantular sebagai penggagas teater menegaskan bahwa kampus yang berdiri sejak tahun 1985 itu tidak terjun dalam politik praktis. Meskipun, rencananya melibatkan Sandiaga Uno dalam pementasan teater yang digelar 26-28 September tersebut.

Dekan Fikom Universitas Mpu Tantular, Sitinah S.Sos.,MM, mengungkapkan bahwa teater digelar dengan harapan bisa memberikan perubahan yang lebih baik dalam kehidupan masyarakat. Perubahan yang dimaksud adalah mengeratkan persatuan dalam berbangsa dan bernegara.

Libatkan Sandiaga Uno, Opera Mpu Tantular Tak Bicara Politik
Cawapres Sandiaga Uno batal tampil dalam 'Opera Mpu Tantular Lahir Kembali' pada Rabu (26/9) malam. (Issak Ramadhan/JawaPos.com)

"Ya harapan kami terlepas dari politik ya, itu bersamaan dengan waktu mungkin akan tereliminir, itu harapan kami. Karena kami pure. Kami nggak ada istilah masuk ke politik. Menyatukan budaya itu lah yang kita perkuat," tegas Sitinah yang ditemui usai pementasan, Rabu (26/9) malam.

Diketahui, Universitas Mpu Tantular membuat suatu gagasan baru, yakni menciptakan suatu karya mahasiswa berbentuk Teater. Karya seni luar biasa ini didukung oleh banyak tokoh, seperti Sandiaga Uno, Rachel Maryam dan banyak lagi.

Menceritakan Mpu Tantular lama dan Mpu Tantular baru, Opera Mpu Tantular Lahir Kembali tetap berkaitan dengan Pancasila. Dengan pesan menyatukan seluruh suku di Indonesia. Walaupun, saat pementasan dikemas dengan beberapa sindiran untuk kembali menjayakan Indonesia lebih sejahtera.

Teater yang disutradari Sudibyo JS itu dipersiapkan selama tiga bulan. Ke depannya, Universitas Mpu Tantular (UMT) akan menjadikan pementasan teater sebagai agenda tahunan. Dengan tujuan, sebagai kritik sosial dan meningkatkan kemampuan mahasiswa, khususnya dalam bidang seni pertunjukan.

"Ini akan dijadikan tahun depan juga akan kembali opera kita. Ini tahun pertama," pungkas Serepina Tiur Maida, S. Sos., M. Pd, selaku produser.

Opera Mpu Tantular Lahir Kembali melibatkan hampir seluruh mahasiswa dari berbagai jurusan dan dosen dari UMT. Ditambah lagi, sejumlah tokoh, seperti Rachel Maryam dan Derry Drajat.

(agi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up