JawaPos Radar

Jadi Warisan Budaya, Ratusan Produk Batik RI Dipamerkan Oktober 2018

27/09/2018, 15:57 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Jadi Warisan Budaya, Ratusan Produk Batik RI Dipamerkan Oktober 2018
Ngalam Batik Festival 2018 (istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Ngalam Batik Festival 2018 bakal digelar 29 Oktober hingga 4 November 2018. Pameran batik ini bertujuan untuk mempromosikan produk unggulan batik yang khas dari masing-masing daerah di Indonesia.

Direktur Utama PT ABS Multimedia Indonesia Wildan Saputra mengatakan batik merupakan warusan budaya nusantara yang mempunyai nilai dan perpaduan seni tinggi. Selain itu, pamerin ini menunjukkan bahwa batik asal Indonesia menjadi satu-satunya peninggalan budaya dunia.

"Batik adalah kerajinan yang telah menjadi bagian budaya Indonesia sejak dahulu," ujarnya di Jakarta, Kamis (27/9).

Wildan menegaskan perkembangan batik di Indonesia memuncak saat United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco) pada 2 Oktober 2009 menetapkannya sebagai bagian dari kekayaan peradaban manusia. Tak hanya itu, keterampilan membatik dapat menjadi mata pencaharian dan pekerjaan ekslusif bagi perempuan-perempuan Jawa.

"Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi turun menurun sehingga motif batikan dapat dikenali dan menjadi corak status sosial di masyarakat," jelasnya.

Berdasarkan Data Kementerian Perindustrian, nilai ekspor batik dan produk batik pada 2017 mencapai USD 58,46 juta dengan pasar utama Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa. Perdagangan produk pakaian jadi dunia yang mencapai USD 442 miliar menjadi peluang besar bagi industri batik untuk meningkatkan pangsa pasarnya, mengingat batik sebagai salah satu bahan baku produk pakaian jadi.

Hingga saat ini, IKM batik tersebar di 101 sentra seperti di Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan D.I Yogyakarta. Jumlah tenaga kerja yang terserap di sentra IKM batik mencapai 15 ribu orang.

Ngalam Batik Festival 2018 sendiri dihelat pada Taman Krida Budaya, Malang dan akan langsung dibuka Walikota Malang Sutiaji. Acara ini akan dimeriahkan dengan berbagai produk-produk batik unggulan dari berbagai daerah serta edukasi untuk mengenalkan batik nusantara ke masyarakat.

(srs/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up