JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tak Ada Biaya, AS Tunda Pendanaan Dinding Pembatas AS-Meksiko

14 September 2018, 16:10:59 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Dinding Pembatas AS-Meksiko, trump,
Para negosiator di Kongres Amerika Serikat (AS) terpaksa harus menunda keputusan pendanaan dinding pembatas AS-Meksiko yang bernilai miliaran dolar. Penyebab utamanya adalah dana masih dibutuhkan untuk program pemerintah lainnya (The Blaze)
Share this

JawaPos.com - Para negosiator di Kongres Amerika Serikat (AS) terpaksa harus menunda keputusan pendanaan dinding pembatas AS-Meksiko yang bernilai miliaran dolar. Penyebab utamanya adalah dana masih dibutuhkan untuk program pemerintah lainnya sehingga tak ada dana yang bisa dianggarkan untuk membuat dinding pembatas AS-Meksiko.

Pengeluaran besar-besaran sedang dilakukan untuk mendanai militer, energi, dan berbagai program lainnya. Oleh karena itu, wacana dinding pembatas harus ditunda hingga November, itu pun jika dana tak habis hingga 1 Oktober.

Namun, House Appropriations Committee Chairman atau Komite Hak Pengadaan Pembangunan, Rodney Frelinghuysen mengatakan, beberapa keputusan harus ditangguhkan hingga 7 Desember, setelah pemilihan kongres. Artinya, bahwa Kongres akan terus mendanai lembaga-lembaga seperti Departemen Keamanan Dalam Negeri di tahun-tahun berjalan untuk sementara.

Dinding Pembatas AS-Meksiko, trump,
Dalam beberapa pekan terakhir, Presiden AS Donald Trump mengancam akan menghentikan pemerintah kecuali dia mendapatkan uang yang dia inginkan untuk membangun dinding di sepanjang perbatasan AS-Meksiko (Al Jazeera)

Dalam beberapa pekan terakhir, Presiden AS Donald Trump mengancam akan menghentikan pemerintah kecuali dia mendapatkan uang yang dia inginkan untuk membangun dinding di sepanjang perbatasan AS-Meksiko. Tujuan dinding tersebut adalah untuk menjaga imigran gelap dan obat-obatan terlarang yang akan masuk ke AS.

Juru bicara Gedung Putih Lindsay Walters tidak mengatakan apakah Trump akan mengikuti rencana Kongres, jika anggota parlemen tidak segera memenuhi permintaannya untuk pendanaan dinding perbatasan. "Kami berharap dapat meninjau kembali RUU itu saat dirilis," katanya dilansir Reuters, Jumat, (14/9).

Saat kampanye Trump di pemilihan presiden pada 2016, ia bersumpah untuk membangun tembok yang katanya akan dibiayai oleh Meksiko. Tetapi Meksiko telah menolak dan Trump malah harus beralih ke Kongres untuk dana konstruksi.

Anggota parlemen menyediakan 1,57 miliar USD pada tahun ini untuk menyediakan beberapa hambatan dan teknologi di sepanjang perbatasan barat daya. Beberapa memperkirakan total biaya bangunan lebih dari 24 miliar USD.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up