JawaPos Radar | Iklan Jitu

Terlibat Korupsi, Ribuan PNS Bakal Dipecat

13 September 2018, 17:17:59 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Terlibat Korupsi, Ribuan PNS Bakal Dipecat
Mendagri Tjahjo Kumolo (Dok JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Ribuan pegawai negeri sipil (PNS) yang terlibat tindak pidana korupsi tampaknya tengah was-was. Pasalnya, nasib mereka akan ditentukan akhir tahun nanti.

"Yang masih menjabat harus segera diberhentikan. Disetop gajinya karena sudah ada undang-undangnya," ujar Mendagri Tjahjo Kumolo di Auditorium PTIK, Jakarta, Kamis (13/9).

Untuk menentukan nasib ribuan PNS itu, dia melakukan rapat bersama Menteri Pendayagunaa Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Komisi Aparatus Sipil Negara.

Terlibat Korupsi, Ribuan PNS Bakal Dipecat
Ilustrasi (Istimewa)

Pihaknya juga akan melakukan pertemuan dengan seluruh Sekretaris Daerah seluruh Indonesia supaya mengetahui siapa saja ASN yang terjerat kasus korupsi. "Siapa namanya, jabatannya apa, paling lambat Desember sudah selesai," tukas Tjahjo.

Sebelumya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat, ada 2.674 pegawai negeri sipil terlibat tindak pidana korupsi, yang sudah dinyatakan inkracht atau sudah berkekuatan hukum tetap.

Dari jumlah itu PNS yang sudah diberhentikan tidak dengan hormat sebanyak 317 orang. Sedangkan yang masih aktif sekitar 2.357 PNS.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up