JawaPos Radar

Kemenhub: Grab dan Gojek Harus Taat Hukum

12/09/2018, 16:50 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Kemenhub: Grab dan Gojek Harus Taat Hukum
Massa aksi sopir angkutan online berunjuk rasa di depan gedung Gojek, Pasar Raya Blok M, Jalan Iskandarsyah, Rabu (12/9). (Issak Ramadhani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Protes para driver angkutan online karena tidak pernah dilibatkan dalam pengambilan kebijakan penentuan tarif dan pemberian insentif, direspon Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Dirjen Hubdat Kemenhub) Budi Setiyadi.

Terkait perusahaan aplikasi angkutan online menjadi transportasi umum, menurutnya belum bisa diterapkan. Mengingat, belum ada aturan hukum yang menjadi keputusan pemerintah. Revisi Permenhub No.108/2017 tentang Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek masih dalam kajian. Bahkan, permenhub tersebut sedang digugat di tingkat Mahkamah Konstitusi (MK).

Poin penting bagi perusahaan Gojek dan Grab, kata Budi, yakni mengenai sistem pengupahan, perekrutan serta pemberian insentif. Sehingga baik driver maupun perusahaan aplikasi online harus sama-sama taat pada hukum.

"Aplikasi layanan transportasi online tinggal dua. Semuanya harus taat hukum. Kami pun sudah meminta penjelasan dari Grab maupun Gojek," tegas Budi saat menemui massa pengunjuk rasa driver online di kawasan Blok M, Rabu (12/9).

Dikatakannya, Permenhub 108 belum final untuk ditetapkan sebagai keputusan hukum. Kendati demikian, aturan tersebut masih dalam proses kajian. Sehingga usulan-usulan dari para aliansi driver angkutan online bisa memungkinkan bisa dimasukkan.

"Aturan itu jangan dianggap aturan mutlak, belum disahkan dan masih digugat. Kami masih bekerja, jadi jangan anggap pemerintah tidak bekerja," kata Budi.

Budi menambahkan, dalam revisi Permenhub 108/2017 nanti, bukan saja berlaku bagi driver. Melainkan juga pihak aplikator atau penyedia layanan jasa angkutan online pun harus menaati aturan tersebut.

(wiw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up