JawaPos Radar

BMKG Bantah Isu Potensi Gempa 6,9 SR di Lombok

13/08/2018, 10:21 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Lombok disebutkan masih menyimpan potensi gempa bumi berkekuatan 6,9 Skala Richter (SR). Hal tersebut berdasarkan hasil temuan seorang penelitian gempa yang kemudian beredar di media sosial Facebook. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lantas memberikan klarifikasi.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan, kabar tersebut membuat masyarakat Lombok yang tengah mengalami musibah menjadi resah. Dia pun mengemukakan fakta-fakta yang ada.

"Informasi dalam laman Facebook tersebut bukan merupakan hasil kajian BMKG. Pemilik akun Facebook tersebut juga bukan pegawai BMKG," terang Rahmat dalam keterangan tertulis, Senin (13/8).

Hasil kajian tersebut tidak menyebutkan sumber data dan metode analisis yang digunakan. Sehingga BMKG tidak dapat menilai tingkat kebenaran dan akurasi kajian tersebut.

"Hingga saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempa bumi dengan tepat dan akurat (kapan, dimana, dan berapa kekuatannya)," jelas Rahmat.

Lebih lanjut, Rahmat mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak mudah percaya dengan informasi yang tidak bersumber dari lembaga berwenang. Masyarakat diminta memantau informasi terkait gempa bumi yang bersumber dari BMKG.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up