JawaPos Radar

Speedboat dengan 38 Penumpang Kandas di Bintan

13/08/2018, 10:03 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Kapal Tenggelam
Proses evakuasi penumpang kapal cepat Putra Kepri ke kapal SAR 209 untuk dibawa ke Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang. (Dok. Basarnas Tanjungpinang)
Share this

JawaPos.com - Kecelakaan laut terjadi di perairan Kepulauan Riau (Kepri), Senin (13/8) pagi. Speedboat denga 38 penumpang kandas. Tepatnya di Perairan Seri Kuala Lobam, Bintan, Kepri. Kapal cepat bernama Putra Kepri itu berangkat dari Tanjungpinang menuju Pelabuhan Telaga Punggur, Batam.

Kepala Kantor Basarnas Tanjungpinang Budi Cahyadi mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan sekitar pukul 06.19 WIB. Selanjutnya, Basarnas langsung merespons dengan mengirimkan Kapal SAR 209 ke lokasi kejadian. "Kami dihubungi pak Gultom (Hakim Tipikor Tanjungpinang Joni Gultom), mengatakan ada kapal kandas," kata Budi.

Di tengah perjalalanan, tim Basarnas Tanjungpinang mendapat informasi bahwa speedboat Putra Bahari telah lepas dan bergeser ke Pelabuhan Lobam untuk menunggu bantuan kapal dari SAR 209. Lalu sekitar pukul 07.35 WIB, kapal SAR 209 sampai di Pelabuhan Lobam.

Tim Basarnas langsung melakukan evakuasi terhadap 28 penumpang laki-laki dan 10 penumpang perempuan di speedboat tersebut. Mereka dibawa ke Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kandasnya kapal ini.

"Di tengah perjalanan, ternyata sudah lepas dan speedboat tersebut merapat ke Pelabuhan Lobam. Maka kami datangi dan lakukan proses evakuasi," terang Budi.

Kapal dinakhodai Safrizal. Kini, petugas masih melakukan pendalaman perihal penyebab kandasnya kapal cepat.

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up