JawaPos Radar

Tes Kesehatan Capres Cawapres

Sandi Ngaku Sudah Puasa, Prabowo Meluncur dari Hambalang

13/08/2018, 09:11 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Prabowo - Sandi
Prabowo san Sandi saat menyapa awak media sesaat akan menjalani tes kesehatan sebagai syarat pencapresan di RSPAD, Jakarta. (Derry/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Setelah kemarin pasangan bakal calon Presiden dan wakil presiden Joko Widodo - Ma'ruf Amin. Kini giliaran Prabowo dan Sandiaga Uno yang akan melakukan tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin (13/8).

Sandi mengaku dirinya sudah menyiapkan segala sesuatunya. Beberapa tahapan sudah dilalui mantan wagub DKI Jakarta itu. Selain berolahraga rutin, Sandi juga telah berpuasa.

"Ini tahapan dari tes kesehatan. Alhamdulillah saya sudah puasa," kata Sandi sesaat setelah tiba di depan loby RSPAD Gatot Soebroto.

Sandi juga menyambut baik tahapan tes kesehatan sebagai persyaratan untuk menjadi peserta pemilihan presiden (Pilpres) 2019 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut.

Menurutnya, tes kesehatan ini juga mampu memberikan inspirasi bagi seluruh rakyat Indonesia untuk memulai gaya hidup sehat. Salah satunya dengan rutin mengecek kesehatan mereka ke dokter.

"Karena kita tentunya harus pastikan bahwa bangsa kita punya masyarakat generasi bugar yang sehat, punya masyarakat yang promotif, preventif, cek kesehatan harus menjadi bagian rutinitas kehidupan kita," tukasnya.

Sementara itu, saat tiba di RSPAD, Prabowo terlihat mengenakan pakaian safari. Tak banyak kata-kaya yang dilontarkan mantan pangkostrad TNI tersebut. Sembari melempar senyum ke awak media, pria yang dikenal dengan sebutan 08 itu hanya menyatakan bahwa ia berangkat dari kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

"Benar, benar (istirahat di Hambalang)," ucap Prabowo.

Standar pemeriksaan kesehatan tes medis telah distandarisasi oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Aturan itu pun sesuai dengan PKPU Nomor 22 Tahun 2018 pasal 28 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Selain itu, aturan rinci terkait pemeriksaan telah diatur pada SK KPU Nomor 1004 Tahun 2018 tentang Panduan Teknis Penilaian Kemampuan Rohani dan Jasmani Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Dalam Pemilu 2019.

(aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up