JawaPos Radar

Spain Masters 2018

Gaet Kim Gi Jung, Lee Yong Dae Turun Gunung di Spain Masters 2018

12/08/2018, 22:42 WIB | Editor: Banu Adikara
Spain Masters 2018, Lee Yong Dae, Kim Gi Jung, Korea Selatan, bulu tangkis
Pebulu tangkis Korea Selatan Lee Yong Dae (bwfbadminton.com)
Share this image

JawaPos.com - Para penggemar pebulu tangkis Korea Selatan Lee Yong Dae boleh bergirang hati. Penepok bulu angsa yang digandrungi kaum hawa karena ketampanannya itu akan segera kembali ke lapangan hijau pada bulan ini.

Memutuskan pensiun pada tahun 2016, Yong Dae dijadwalkan akan menjalani laga perdananya sebagai pemain profesional independen di Spain Masters 2018 yang akan bergulir pada 28 Agustus - 2 September mendatang.

Yong Dae yang juga kerap disebut sebagai salah satu pemain ganda terbaik yang pernah dimiliki Negeri Ginseng itu menggaet Kim Gi Jung sebagai partnernya. Gi Jung sendiri juga dikenal sebagai salah satu pemain ganda putra andalan Korea Selatan saat ia masih berpasangan dengan Kim Sa Rang beberapa tahun silam.

Di Spain Masters 2018 nanti, Yong Dae/Gi Jung akan menjajal kemampuan mereka dengan meladeni pasangan Belanda Jelle Maas/Robin Tabeling di babak pertama.

Berkarir sejak tahun 2003, Yong Dae tak bisa dipungkiri merupakan salah satu pemain yang paling ditakuti pada masanya, baik di sektor ganda putra maupun ganda campuran. Ia pernah tercatat menjadi pemain ranking 1 dunia di sektor ganda putra dengan tiga pasangan berbeda, yakni Jung Jae Sung, Yoo Yeon Seong, dan Ko Sung Hyun.

Mengoleksi total 43 gelar juara turnamen level superseries membuat reputasi Yong Dae sebagai pemain ganda terbaik sulit disangsikan. Ganda putra terbaik dunia saat ini, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon bahkan pernah mengatakan bahwa mereka masih penasaran berhadapan dengan Yong Dae karena belum pernah satu kalipun menang darinya.

Prestasi tersebesar Yong Dae adalah saat ia menjuarai Olimpiade Beijing 2008 di sektor ganda campuran bersama Lee Hyo Jung. Tampil sebagai pasangan non unggulan, keduanya berhasil mengejutkan dunia dengan mengalungkan medali emas usai menundukkan pasangan unggulan pertama asal Indonesia, Nova Widianto /Liliyana Natsir dengan skor 21-11 dan 21-17.

Kehebatan Yong Dae, yang tahun ini berusia 30 tahun, memang masih belum terbukti. Tapi setidaknya, dengan kembalinya Yong Dae, persaingan sektor ganda putra bisa semakin berwarna.

(kar/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up