JawaPos Radar

Vietnam Terbuka 2018

Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol Terbukti Masih Punya Taji

12/08/2018, 21:43 WIB | Editor: Banu Adikara
Vietnam Terbuka 2018, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol, bulu tangkis, Korea Selatan
Ganda putra Korea Selatan Vietnam Terbuka 2018, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol, bulu tangkis, Korea Selatan (bwfbadminton.com)
Share this

JawaPos.com - Ganda putra gaek Korea Selatan Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol membuktikan diri bahwa mereka masih layak bersaing tahun ini. Lama tidak bermain, keduanya berhasil meraih gelar juara di Vietnam Terbuka 2018, Minggu (12/8).

Sung Hyun/Baek Cheol meraih gelar perdana BWF World Tour 2018 mereka usai menundukkan Lee Sheng Mu/Yang Po-Hsuan (Taiwan) dengan skor 22-20 dan 21-18.

Kemenangan ini sekaligus membuat Sung Hyun/Baek Cheol seakan memberi tamparan kepada Asosiasi Bulu Tangkis Korea Selatan (BKA) yang pernah berseteru dengan mereka pada tahun 2017. Berstatus sebagai pebulu tangkis independen profesional, Sung Hyun/Baek Cheol sempat dijegal oleh BKA yang tidak memperbolehkan mereka bertanding di level internasional sebelum mereka berusia di atas 31 tahun.

Meski saat itu sudah tidak lagi berada di bawah naungan BKA, aturan tersebut tetap bersifat mengikat para pemain yang pernah menjadi bagian dari BKA. Keberatan dengan hal tersebut, Sung Hyun/Baek Cheol pun mengajukan gugatan ke Pengadilan Tinggi Korea Selatan pada Mei 2017 lalu.

Perjuangan mereka tidak sia-sia. Tepat setahun kemudian, Pengadilan Tinggi Korea Selatan mengabulkan gugatan Sung Hyun/Baek Cheol. BKA pun harus mencabut peraturan tersebut.

Dicabutnya aturan ini juga tidak hanya berdampak positif pada pasangan peraih gelar juara dunia tahun 2014 tersebut, tetapi juga ke beberapa pemain Korea Selatan lain seperti legenda hidup Lee Yong Dae, Kim Gi Jun, dan Kim Sa Rang yang juga menempuh jalur independen.

(kar/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up