JawaPos Radar

Semester I 2018, Carmudi Alami Kenaikan Jumlah Listing 217%

12/08/2018, 19:51 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Semester I 2018, Carmudi Alami Kenaikan Jumlah Listing 217%
Acara jumpa pers di booth carmudi.co.id, GIIAS 2018 (Teguh Jiwa Brata / JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kendati tahun ini banyak yang menilai sebagai tahun yang sulit dan penuh tantangan bagi industri otomotif, ternyata bagi carmudi.co.id justru membawa berkah. Selama semester pertama 2018, carmudi.co.id mengalami peningkatan jumlah listing (iklan berjualan) mobil bekas sebanyak 217% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Nimash Stefano Kirihettighe, selaku CEO carmudi.co.id menilai peningkatan tersebut sebagai bentuk kepercayaan Masyarakat Indonesia terhadap situs jual-beli kendaraan carmudi.co.id. “Trend dunia online, tidak hanya berpengaruh terhadap gaya hidup orang Indonesia, tetapi juga terhadap cara mereka memasarkan atau menjual barang, mobil atau produk otomotif lainnya,” katanya.

Berdasarkan data divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) carmudi.co.id, telah terjadi pergeseran pilihan MPV bekas dibandingkan tahun lalu. Jika setahun silam MPV kembar Avanza dan Xenia menduduki tingkat pertama, kini Honda Mobilio bekas mulai merangksek ke posisi atas.

Data tersebut ditunjukkan dari penjualan unit mobil bekas di bursa otomotif Carsentro di Semarang, Solo, Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar. Dari sekitar 2.000 unti penjualan mobil bekas selma semester 1. Toyota Avanza menduduki posisi pertama dengan raihan 7.9%, diikuti dengan Honda Mobilio bekas sebesar 7,7%.

Sementara untuk jenis kendaraan bekas, kategori MPV masih mendominasi sebesar 54,5%. Posisi kedua diduduki  oleh kategori city car dengan 18,6% dan SUV (14,6%).

“Di Semarang, Solo, dan Yogyakarta penjualan mobil bekas city car seperti Honda Brio bekas menduduki posisi teratas. Hal itu didasari dengan kebutuhan keluarga muda akan mobil bekas yang terjangkau. Dengan cicilan dan kemudahan daru lembaga pembiayaan membuat mobil kompak itu laris di pasar,” papar Stefano.  

(tjb/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up