JawaPos Radar

BBPOM Siapkan Mobil Laboratorium di Venue Asian Games Jabar

12/08/2018, 18:58 WIB | Editor: Yusuf Asyari
BBPOM Siapkan Mobil Laboratorium di Venue Asian Games Jabar
Penjabat Gubernur Jawa Barat M Iriawan dan Sekda Pemerintah Provinsi Jabar Iwa Karniwa saat acara Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Balai Besar POM Bandung, Minggu (12/8). (Siti Fatonah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Bandung akan menyediakan layanan mobil laboratorium keliling di setiap venue Asian Games di Jawa Barat. Hal ini sebagai bentuk partisipasi dan tanggung jawab terhadap penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018.

Mobil laboratorium keliling tersebut dilengkapi sarana uji sampel cepat. Sehingga akan mengecek kelayakan makanan dan obat di seluruh venue Asian Games di Jabar.

Penjabat Gubernur Jawa Barat M Iriawan meminta pihak BBPOM untuk selalu mengawasi makanan dan obat-obatan terkhusus yang dikonsumsi para atlet di seluruh venue Jabar. Yakni terdapat lima venue cabang olahraga Asian Games.

"Saya minta diawasi bahan makanan yang beredar di atlet, official, dan yang terkait lainnya. Saya titip, ada lima cabor Asian Games. Tolong di semua venue harus ada pengurus BBPOM (yang siaga)," kata M Iriwan di Dago Bandung, Minggu (12/8).

Kepala BBPOM di Kota Bandung I Gusti Bagus Kusuma Dewa mengungkapkan, selain mensosialisasikan obat dan makanan yang aman, BPOM juga akan berpartisipasi langsung dalam event prestisius Asian Games 2018.

"Mobil laboratorium keliling yang dilengkapi dengan uji sampel cepat ini akan dilakukan selama Asian Games ke seluruh venue, stadion maupun hotel-hotel yang ada di Jabar," ujar I Gusti di Dago Bandung, Minggu (12/8).

Perihal tujuan, kata dia Ini menjadi cara pihak BPOM berpartisipasi dan ikut bertanggungjawab pada perhelatan Asian Games di Indonesia.

Pada acara Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Balai Besar POM Bandung dalam rangka Menyemarakkan Peringatan Kemerdekaan RI dan Mendukung Gelaran Asean Games XVIII Tahun 2018, telah ditandatangani komitmen bersama.

Yakni dalam mewujudkan obat dan pangan aman untuk prestasi bangsa oleh Kepala BBPOM di Bandung, Penjabat Gubernur Jawa Barat, Sekretaris Daerah Jawa Barat, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, serta Penjabat Ketua PKK Jawa Barat.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up