JawaPos Radar

Liga 1 2018

Dimas Galih Tiga Kali Blunder, Persebaya Kembali Dikalahkan Barito

12/08/2018, 18:04 WIB | Editor: Agus Dwi W
barito vs persebaya
Persebaya dua kali takluk dari Barito pada musim ini. (liga-indonesia.id)
Share this image

JawaPos.com – Tiga blunder kiper Dimas Galih Pratama membuat Persebaya Surabaya tersungkur di Banjarmasin. Green Force menyerah di tangan tuan rumah Barito Putera dengan skor ketat 2-3, Minggu (12/8) sore.

Babak pertama pertandingan di di Stadion 17 Mei Banjarmasin berlangsung sedikit keras. Kedua tim sama-sama menunjukkan permainan agresif. Hanya saja, Barito dan Persebaya sama-sama gagal mencetak gol hingga 15 menit awal babak pertama.

Peluang apik Persebaya tercipta pada menit ke-18. Sayang sundulan Rishadi Fauzi berhasil ditepis kiper Aditya Harlan. Fauzi lagi-lagi mendapatkan umpan lambung pada menit ke-20. Kali ini sundulannya tidak tepat sasaran.

liga 1 2018
Samsul Arif mencetak gol penentu kemenangan bagi Barito Putera di Banjarmasin. (liga-indonesia.id)

Marcel Sacramento mendapatkan kans dari crossing Rony Beroperay pada menit ke-22. Namun bola berhasil diamankan kiper Dimas Galih. Fauzi mendapatkan kesempatan ketiganya pada menit ke-26. Namun sundulannya kembali melebar di kiri gawang.

Marcel kembali mengancam gawang Persebaya pada menit ke-32. Sayang sepakannya tidak menemui sasaran. Bola melenceng ke kiri gawang. Barito cukup kesulitan untuk mencetak gol hingga setengah jam babak pertama berlangsung.

Blunder Dimas Galih membuat Barito unggul 1-0 pada menit ke-34. Dimas terlambat untuk menyapu bersih bola setelah menerima back pass Misbakhus Solikin. Tendangan Dimas diblok Paulo Sitanggang dan masuk ke dalam gawangnya sendiri.

Samsul Arif hampir menjebol gawang Persebaya pada menit ke-40 andai bola tidak berhasil diblok Dimas Galih. Fandi Eko mencoba peruntungan dari tendangan bebas menit ke-43. Namun arah bola tak tepat sasaran. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Barito Putera memperbesar kedudukan menjadi 2-0 pada menit ke-59 melalui gol kapten tim Rizky Pora. Rizky Pora lepas dari jebakan offside saat menerima umpan lambung Douglas Packer. Ia dengan tenang melepaskan bola lob ke arah gawang Persebaya. Dimas Galih tak berkutik karena sudah terlanjur keluar jauh dari sarangnya.

Persebaya berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 melalui gol Rishadi Fauzi menit ke-73. Menerima umpan pendek kapten Rendi Irwan, Rishadi Fauzi sukses mengecoh kiper Aditya Harlan.

Kesalahan Dimas Galih kembali membuat Persebaya kebobolan pada menit ke-78. Dimas lagi-lagi berbuat blunder saat mendapatkan bola backpass dari Otavio Dutra. Tendangan clearance eks kiper PSM Makassar ini membentur kaki Samsul Arif, dan masuk ke gawang Persebaya. Dimas langsung digantikan Miswar Saputra.

Rishadi Fauzi kembali sukses mencetak gol sekaligus memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3 pada menit ke-83. Fauzi mengonversi crossing Rendi Irwan untuk menjebol gawang Barito Putera. Sundulannya gagal diamankan kiper Aditya.

Terlepas dari blunder yang dilakukan Dimas Galih, Persebaya bermain cukup apik di Banjarmasin. Persebaya bermain ultramenyerang pada pengujung pertandingan. Mereka tak patah arang untuk mencetak gol penyama kedudukan. 

Masuknya Rendi Irwan juga menjadi kunci kebangkitan Persebaya. Rendi bisa menjadi motor yang menghidupkan permainan Green Force. Sayang, mereka gagal mengejar ketinggalan gol dari Barito. Tak ada tambahan gol hingga laga usai. Barito Putera memenangkan laga ini dengan skor 3-2.

Barito Putera 3-2 Persebaya Surabaya
(Paolo 34', Rizky Pora 59', Samsul Arif 78' - Rishadi 73', 83')

Susunan Pemain Barito Putera vs Persebaya:

Barito Putera: Aditya Harlan, Dandi Maulana, M. Rifqi, Nazar Nurzaidin, Rony Beroperay, Douglas Packer, Matias Cordoba (Ady Setiawan, 78’), Paulo Sitanggang (Jajang Sukmara, 9’), Rizky Pora, Samsul Arif, Marcel Sacramento (Habel Ronal Nugroho, 86’)
Pelatih: Jacksen F. Tiago

Persebaya Surabaya: Dimas Galih Pratama (Miswar Saputra, 80’), Fandry Imbiri, Otavio Dutra, Abu Rizal Maulana, Ruben Sanadi, Misbakhus Solikin, OK John (Rendi Irwan Saputra, 63’), Robertino Pugliara, Oktafianus Fernando, Ricky Kayame (Fandi Eko Utomo, 37’), Rishadi Fauzi
Pelatih: Bejo Sugiantoro (karteker)

Wasit: Wawan Rapiko (Pekanbaru)

(saf/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up