JawaPos Radar

Museum WR Soepratman di Surabaya Segera Diresmikan

12/08/2018, 16:21 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Museum WR Soepratman
Rumah wafat atau gedung museum WR. Soepratman di Jalan Mangga Nomor 21, Kelurahan Tambaksari, Kecamatan Tambaksari, Surabaya. (Aryo Mahendro/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah kota (Pemkot) Surabaya kembali berupaya mengembangkan situs wisata sejarah. Upaya tersebut menyasar situs bangunan peninggalan para pahlawan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Surabaya Antiek Sugiharti mengatakan, pihaknya akan meresmikan rumah wafat atau Museum WR Soepratman. Peresmiannya akan dilakukan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada November mendatang. 

"Sebenarnya sudah beroperasi sejak sebelum 2016 lalu. Hanya memang belum kami launching," kata Antiek kepada JawaPos.com, Minggu (12/8).

Museum itu, berisi semua dokumentasi dan peninggalan WR Soepratman semasa hidup. Mulai dari perabot rumah, foto, setelan jas, dan biola.

"Warga yang ingin datang, silakan saja. Tidak dipungut biaya. Karena, museum di Surabaya yang bayar hanya di Tugu Pahlawan saja," kata Antiek. 

Ditanya apa yang istimewa dari museum yang akan diresmikan itu, Antiek tidak menjelaskan secara rinci. Hanya saja, kondisi eksterior bangunannya saja sudah direnovasi. 

"Itu rumah asli WR. Soepratman. Semua sejarah beliau dipajang di sana. Benda warisan saat beliau meninggal juga masih tersimpan di sana," katanya. 

Tak hanya museum WR Soepratman. Pemkot juga berupaya memaksimalkan obyek wisata sejarah yang ada. 

Antiek mengatakan, pihaknya sedang berupaya penambahan koleksi di museum Surabaya.  Antara lain, peta Surabaya yang digambar pasukan kerajaan Tartar di Mongolia, lumpang dan benda tambatan.

Namun, Antiek tidak mengatakan kapan koleksi tersebut akan diletakkan di museum. Yang pasti, dalam waktu dekat, semua benda purbakala di Surabaya akan dipajang di museum tersebut. (

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up