JawaPos Radar

5 Keunggulan Samsung Galaxy Note 9 Ketimbang Galaxy Note 8

12/08/2018, 15:49 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Galaxy Note 9, Samsung Galaxy Note 9, keunggulan Galaxy Note 9
Desain Belakang Samsung Galaxy Note 9. (CNet)
Share this

JawaPos.com – Samsung baru saja memperkenalkan line up smartphone flagshipnya di Amerika Serikat (AS), Kamis, (9/8) waktu setempat. Samsung Galaxy Note 9 sejatinya adalah penerus dari Galaxy Note 8 yang meluncur tahun lalu. Karena didapuk sebagai penerus, sudah barang tentu Galaxy Note 9 lebih unggul dari Galaxy Note 8.

Lantas apa saja yang baru dari Galaxy Note 9 dengan varian tertingginya dijual hampir Rp 18 juta itu?

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman Forbes, Minggu (11/8), Samsung Galaxy Note 9 memiliki beberapa keunggulan yang tidak ada pada pendahulunya. Setidaknya terdapat lima sesuatu yang baru dari hadirnya Samsung Galaxy Note 9 ini.

1. Serba Besar

Galaxy Note 9, Samsung Galaxy Note 9, keunggulan Galaxy Note 9
Perbandingan Samsung Galaxy Note 9 (kiri) Vs Galaxy Note 8 (kanan). (Samsung)

Samsung Galasy Note 9 hadir dalam ‘porsi’ serba besar. Ya, serba besar. Pembedanya yang paling jelas terlihat dari Galaxy Note 8 adalah Samsung Galaxy Note 9 memiliki beberapa kapasitas lebih jumbo. Tercatat ada layar dan baterai yang lebih besar pada Galaxy Note 9 ini. Bahkan dimensi dari Galaxy Note 9 dengan Galaxy Note 8 juga berbeda.

Samsung Galaxy Note 9 hadir dengan layar 6.4 inci. Tak lupa aspek rasio 18.5:9, material Super AMOLED dengan resolusi 1440 x 2960 piksel (kepadatan piksel 516 ppi), rasio layar ke bodi 83,4 persen, HDR10 compliant, dan Corning Gorilla Glass 5. Sementara Galaxy Note 8 hanya memiliki layar 6,3 inci dengan rasio layar ke bodi hanya 83,2 persen. Sisanya kurang lebih sama dengan Galaxy Note 9.

Kemudian dimensinya, tangan seseorang ketika menggenggam Galaxy Note 9 dan Galaxy Note 8 mungkin akan sulit membedakannya. Namun ketika diperhatikan dengan saksama, ternyata Samsung Galaxy Note 9 memang lebih gambot ketimbang Galaxy Note 8. Galaxy Note 9 hadir dengan dimensi bodi, 161,9 x 76,4 x 8,8 mm (6,37 x 3,01 x 0,35 in), 201 g (7,09 oz). Sementara Galaxy Note 8, 162,5 x 74,8 x 8,6 mm (6,40 x 2,94 x 0,34 in), 195 g (6,88 oz).

Naiknya dimensi Samsung Galaxy Note 9 tentu tidak bisa dilepaskan dari bertambahnya kapasitas baterai perangkat ini. Betapa tidak, Samsung Galaxy Note 9 melenggang dengan baterai jumbo pula. Ukurannya sebesar 4.000 mAh. Berbeda jauh dengan Galaxy Note 8 yang hanya berdaya 3.30 mAh saja. Kemudian Galaxy Note 9 kini juga mendukung kapasitas slot kartu Micro-SD hingga 512 GB. Naik dari 256 GB pada Note 8.

2. Pena Stylus (S Pen)

Galaxy Note 9, Samsung Galaxy Note 9, keunggulan Galaxy Note 9
Samsung Galaxy Noye 9 dengan S Pen mendukung koneksi Bluetooth. (TheVerge)

Pena stylus (S Pen) dengan koneksi Bluetooth. Perubahan besar lainnya adalah S Pen kuning terang. Untuk pertama kalinya, Samsung S Pen pada Galaxy Note kini telah dilengkapi dengan Bluetooth LE yang memungkinkan fungsi jauh lebih besar, seperti operasi rana jarak jauh untuk kamera, clicker selama presentasi, serta kontrol pemutaran video dan musik.

S Pen baru juga terisi secara otomatis dari Galaxy Note melalui superkapasitor sehingga selalu siap dan menguras sangat sedikit baterai dari ponsel itu sendiri. Satu-satunya hal yang tetap sama dengan S Pen dalam Note 8 adalah tingkat kepekaan tekanannya 4.096.

S Pen pada Galaxy Note 9 kini tak hanya berfungsi untuk mencatat dan doodling bak di atas kertas saja. Berkat disematkannya koneksi Bluetooth pada pena digital tersebut, user Galaxy Note 9 kini dimungkinkan untuk melakukan setidaknya delapan skenario dan fungsi kustomisasi melalui S Pen perangkatnya.

3. Fotografi

Galaxy Note 9, Samsung Galaxy Note 9, keunggulan Galaxy Note 9
Memotret dengan Samsung Galaxy Note 9. (CNet)

Ada pembaruan di sektor kamera. Samsung Galaxy Note 9 memiliki perangkat keras pada sektor kamera yang sama dengan Galaxy S9 Plus. Ini berarti kamera belakang ganda dengan masing-masing resolusi sebesar 12 MP untuk lensa wide dan telephoto.

Kemampuannya pun sama, yakni masih berkutat di dual aperture di antara f/2.4 (untuk lebih detail dalam gambar yang cukup terang) dan f/1.5 (untuk cahaya rendah). Sementara Note 8 terjebak dengan sensor f/1.7 standar.

Samsung Galaxy Note 9 juga memiliki kemampuan Artificial Intelligence (AI) pada sektor kameranya. AI pada sektor kamera Galaxy Note 9 disebut mampu mengenali sedikitnya 20 tipe subjek foto sekaligus.

Buntutnya, kamera pada Galaxy Note 9 diklaim akan memiliki kualitas gambar yang lebih ciamik ketimbang Galaxy Note 8. Sementara kamera depannya tetap sama, yakni 8 MP dengan bukaan f/1.7.

4. Performa

Galaxy Note 9, Samsung Galaxy Note 9, keunggulan Galaxy Note 9
Tampilan aplikasi di layar Samsung Galaxy Note 9 (CNet)

Dari segi kinerja dan penyimpanan, Samsung juga mengangkat internal yang didorong oleh Galaxy S9 untuk Galaxy Note 9. Hal tersebut memberikan peningkatan yang berarti atas Note 8 dalam varian AS dan internasionalnya.

Galaxy Note 9 (AS) hadir dengan Qualcomm Snapdragon 845 octa-core chipset (4x 2,7 GHz Kryo 385 Gold & 4x1,7 GHz Kryo 385 Silver CPU), Adreno 630 GPU. Sementara Galaxy Note 9 (Eropa dan Asia) dengan Exynos 9810 (CPU Geometri Cortex-A55 4x4 GHz 4,0 GHz & 4x1,7 GHz), Mali-G72 MP18 GPU.

Sementara pada Galaxy Note 8 menggunakan Qualcomm Snapdragon 835 yang 20 persen lebih lambat dan 30 persen lebih hemat daya dibandingkan 845 yang baru. Samsung Galaxy Note 9 hadir dengan dua varian, yakni varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB, serta RAM 8 GB dan ROM 512 GB.

Jika penyimpana internal sebanyak 512 GB dianggap masih kurang, hal ini masih bisa diekspansi dengan Micro-SD hingga 512 GB. Itu artinya, kapasitas ponsel ini mendukung penyimpanan hingga 1 TB.

Hal menarik lainnya dari Galaxy Note 9 adalah Samsung telah menambahkan 'Sistem Pendingin Air Karbon'. Sistem pendinginan ini bekerja ketika smartphone dalam kondisi kerja berat, seperti saat bermain game dan beberapa pekerjaan lainnya. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir ponsel ini akan membludak suhunya gara-gara diajak bekerja keras.

5. Fornite untuk Android

Galaxy Note 9, Samsung Galaxy Note 9, Game Fornite
Ilustrasi: game Fornite (AndroidCentral)

Samsung Galaxy Note 9 perdana yang menghadirkan Fortnite di perangkat Android. Seperti ramai diberitakan sebelumnya, pengumuman Samsung Galaxy Note 9 akan turut pula disertakan hadirnya game Fortnite perdana ke sistem operasi Android.

Bagi kamu gamer dengan uang lebih, rasanya membeli perangkat ini untuk menjajal game Fortnite di sistem operasi Android tidak ada salahnya. Bagaimana tidak bangga, kamu akan menjadi gamer Fortnite Android melalui device ini. Sementara pengguna Android lainnya masih harus bersabar menunggu hingga akhir Agustus mendatang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Samsung Galaxy Note 9 sudah bisa dipesan di Indonesia. Bicara harga untuk pasar Indonesia, Samsung sudah membuka pemesanan melalui sejumlah ecommerce tanah air. Sesi prapenjualan sudah dimulai sejak Jumat (10/8) hingga 19 Agustus mendatang.

Samsung Galaxy Note 9 di Indonesia dibanderol Rp 13,4 jutaan untuk varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB. Serta banderol Rp 17,9 jutaan untuk RAM 8 GB dan ROM 512 GB. Samsung menggelar program preorder di situs belanja online rekanan mereka, di antaranya Blibli, JD.id, Lazada, Dinomarket, Tokopedia, Shopee, dan lainnya.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up