JawaPos Radar

IESPL Gelar Turnamen E-Sport Berjuluk TBoF, Seru Banget

12/08/2018, 14:24 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
lomba game, IESPL lomba game, lomba game tokopedia
Presiden IESPL Giring Ganesha (paling kiri) di acara peluncuran IESPL TBoF di Jakarta, Jumat (10/8). (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Indsustri gaming di Indonesia semakin semarak. Beberapa waktu belakangan mulai rutin diadakan turnamen atau perlombaan berskala nasional yang bisa menjadi wadah bagi para gamer untuk menyalurkan bakat mereka. Terbaru, akan ada turnamen yang digelar oleh Indonesia E-Sport Premier League (IESPL) bersama Tokopedia. Lomba digelar setiap hari Jumat hingga Februari tahun mendatang.

Karena digelar setiap hari Jumat dan menggandeng Tokopedia, makanya turnamen ini dinamakan Tokopedia Battle of Friday (TBoF). Nantinya sebanyak 12 tim e-Sport akan beradu tangkas mengelola strategi untuk memperebutkan hadiah uang tunai yang tidak main-main jumlahnya, yakni hadiah total Rp 1,9 miliar yang bisa dibawa pulang para gamer.

Presiden IESPL Giring Ganesha mengatakan, terselenggaranya event ini berangkat dari gagasan atlet game Indonesia yang masih memiliki keterbatasan untuk menyalurkan bakat mereka di kancah prestasi. "IESPL membawa visi dan misi untuk membawa e-Sport menjadi industri olahraga digital yang bergengsi dan bisa terus tumbuh di Indonesia,"
jelas Giring yang pernah menjadi vokalis di band Nidji itu.

lomba game, IESPL lomba game, lomba game tokopedia
Ilustrasi: kompetisi e-Sport. (SouthChinaMorningPost)

Selain itu, lanjut Giring, di IESPL juga memiliki kesamaan visi dengan pemerintah bahwa bermain game juga bisa menghasilkan sesuatu. Selain uang juga prestasi. "Kalau pemain game profesional yang selanjutnya disebut atlet e-Sport berprestasi. Dengan mengikuti beragam kompetisi di tanah air, mereka jadi memiliki saluran yang jelas. Kemudian jadi pede berlaga di level selanjutnya di skala global. Kalau menang yang bangga siapa, kita juga (Indonesia)," ungkap Giring.

Pada kesempatan yang sama, VP Engineering and Fintech Tokopedia Indonesia Herman Wijaya menyebut alasan mereka ingin masuk ke e-Sport karena potensi yang luar biasa. Pihaknya juga ingin mengembangkan gamer lokal untuk membawa nama Indonesia di kancah dunia. "Kami berharap dari kompetisi ini akan tumbuh talenta lokal. Harapannya
supaya mereka tumbuh ke taraf yang lebih tinggi," ujar Herman.

Pertandingan sepekan sekali ini juga akan disiarkan secara langsung di Cube TV, salah satu aplikasi anak usaha dari platform video streaming yang fokus pada konten game milik Bigo. Kemudian games yang dipertandingkan setidaknya terdapat empat divisi yang akan menjadi ajang tanding ke 12 tim tadi.

Games tersebut meliputi Counterstrike Global Offensive, Dota 2, Point Blank, dan Mobile Legend. Dalam kurun waktu tersebut, setidaknya akan ada sebanyak 660 pertandingan yang akan digelar secara rutin setiap hari Jumat di Highgrounds iCafe, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up