JawaPos Radar

HD-MY Resmi Ditetapkan Gubernur Terpilih Sumsel

12/08/2018, 14:12 WIB | Editor: Yusuf Asyari
HD-MY Resmi Ditetapkan Gubernur Terpilih Sumsel
Penetapan Gubernur terpilih di KPU Sumsel (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Setelah melalui proses panjang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel akhirnya menetapkan Herman Deru - Mawardi Yahya (HD-MY) sebagai Gubernur terpilih untuk periode 2018-2023 bertempat di Kantor KPU Sumsel, Minggu (12/8).

Ketua KPU Sumsel, Aspahani mengatakan, sejak dimulainya pendaftaran pada 12 Februari lalu hingga kini telah menghabiskan waktu sekitar 6 bulan.

Menurutnya, waktu yang cukup lama dan yang pasti banyak pengorbanan yang telah dikeluarkan seperti modal, tenaga, dan lain sebagainya.

"Karena itu, hari ini kami menetapkan gubernur terpilih untuk periode 5 tahun ke depan," katanya.

Menurutnya, penetapan ini berdasarkan ketentuan, dimana sebelumnya Sumsel sempat ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) dan telah selesai.

Setelah adanya putusan dari MK maka tiga hari setelah putusan langsung ditetapkan.

"Kami harap hasil ini yang terbaik pilihan rakyat, dan mudah-mudahan mendapatkan keberkahan dan menangkat Sumsel menjadi sejahtera dan lebih maju," terangnya.

Berdasarkan rekapitulasi, lanjut Aspahani, pasangan calon HD-MY berhasil mengantongi suara 1.394.538 atau 35,9 persen. Dengan penetapan ini maka pihaknya akan segera meneruskan surat keputusan kepada DPRD untuk ditindaklanjuti pelantikan.

Pelantikan ini sendiri bergantung dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dan juga DPRD. Sedangkan pihaknya tidak ada kewenangan lagi.

"Jadi Kami juga ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berterima kasih," tutupnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel terpilih, Herman Deru mengaku bersyukur tahapan Pilkada selesai diranah penyelenggara tinggal menunggu pelantikan. Ia berharap proses selanjutnya ini berjalan lancar dan sesuai jadwal.

"Hari ini merupakan hari penting dan telah menunjukkan kedewasaan dari Sumsel dan ini harus dipertahankan," katanya.

Sebagai Gubernur terpilih ia akan menyinkronisasikan program yang ada saat ini dengan program yang diusung saat pilgub lalu.

"Pokoknya setelah pelantikan kami gas pol seluruh pekerjaan," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up