JawaPos Radar

Putra Jokowi: Bapak Biasa Tinju, Apalagi Tes Kesehatan

12/08/2018, 11:47 WIB | Editor: Imam Solehudin
Joko Widodo Maruf Amin
Capres-Cawapres kubu petahana, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin ketika mendaftar ke KPU, Jumat (9/8). Kedunyah hari ini tengah melaksanakan tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto. (Issak Ramadan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Bakal calon presiden dan calon wakil presiden, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin tengah melakukan proses tahapan pemeriksaan kesehatan di RSPAD, Jakarta, Minggu (12/8). Rencananya, pemeriksaan yang dilakukan oleh puluhan tenaga medis ini akan menghabiskan waktu sampai dengan 12 jam.

Dalam agenda pemeriksaan kesehatan itu, baik Jokowi maupun Ma'ruf memang ditemani oleh masing-masing anaknya. Mereka diketahui datang untuk memberikan dukungang kepada sang Ayah.

Putra Jokowi, Kaesang Pangarep mengaku optimistis bahwa ayahnya akan dapat melewati syarat pemeriksaan kesehatan sebagai capres. Dia pun berkelakar bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta itu telah terbiasa dengan berolahraga, sehingga tubuhnya pasti fit.

"Bapak sehat saja kok, Bapak tinju aja bisa, masa cek kesehatan aja enggak bisa," canda Kaesang di RSPAD, Jakarta, Minggu (12/8).

Terpisah, putri Ma'ruf Amin, Siti Haniatunisa optimis ayahnya akan dapat melewati tahapan pemeriksaan kesehatan. Sekalipun Kyai Ma'ruf telah berumur sekitar 75 tahun

"Baik baik (kesehatan Maruf), enggak ada yang dikhawatirkan," ungkapnya.

Sebagai informasi, standar pemeriksaan kesehatan tes medis telah distandarisasi oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Aturan itu pun sesuai dengan PKPU Nomor 22 Tahun 2018 pasal 28 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Selain itu, aturan rinci terkait pemeriksaan telah diatur pada SK KPU Nomor 1004 Tahun 2018 tentang Panduan Teknis Penilaian Kemampuan Rohani dan Jasmani Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Dalam Pemilu 2019.

(aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up