JawaPos Radar

Tinggi Protein, Sarang Burung Walet Cocok Untuk Campuran Masakan

12/08/2018, 13:05 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
sup sarang burung walet, sarang burung walet, manfaat sarang burung walet,
Sup sarang burung walet menjadi salah satu makanan termahal di dunia. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Tak hanya untuk kesehatan, sarang burung walet juga memiliki kandungan protein tinggi yang baik untuk campuran makanan. Biasanya sering diolah ke dalam campuran berbagai makanan seperti sup dan bakso. Ada juga yang mengolahnya untuk minuman penambah stamina.

Menurut ahli boga dan chef kenamaan, Rudy Choirudin, sarang burung walet atau bird nest sangat cocok dimasukkan ke dalam jenis makanan apapun. Sebab didalamnya terkandung 60 persen protein dan 30 persen asam amino yang berguna untuk tubuh. Penyajiannya bisa dengan cara dicampur ke dalam makanan atau dihaluskan untuk bahan topping maupun saus.

"Kalau mau memasukkan ke dalam makanan, gak perlu merusak makanan itu contohnya mau makan bakso masukin aja ke bakso anggap saja sebagai pengganti udang," ungkap chef Rudy kepada JawaPos.com ditemui di kawasan Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (8/8).

sup sarang burung walet, sarang burung walet, manfaat sarang burung walet,
Sup sarang burung walet menjadi salah satu makanan termahal di dunia. (atlasobscura)

Ia menambahkan untuk dapat menikmati bird nest, perlu untuk mengolahnya terlebih dahulu. Caranya mudah, siapkan 25 gram bird nest mentah kemudia campurkan dengan 400ml air panas, lalu aduk merata dan kukus selama 30-40 menit. Setelah itu dapat dinikmati bersama makanan atau minuman favorit.

"Hindari juga makanan yang bersantan. Bisa juga ke makanan kering kaya empek-empek dicocol saus bird nest. Kalo minuman bisa hangat dan dingin. Memang itu gak ada rasanya, tapi punya khasiat baik," tambahnya.

Perlu diperhatikan untuk tidak dipanaskan terlampau lama sebab dapat merusak teksturnya rusak. "Sebenernya bird nest justru lebih kuat dari sohun dan gak gampang pecah. Karena dia sebelum kita olah akan melalui proses pengukusan," ujar Chef Rudy.

Chef Rudy mencontohkan bagi para pecinta kuliner terutama ibu rumah tangga bisa juga mencampurkan sarang burung walet yang sudah diolah ke dalam masakan rumahan. Diantaranya sayur bening, sop, dan aneka sayuran yang berkuah. "Kadarnya disesuaikan dengan makanan, biasanya kalo sayuran 5 gram aja cukup" pungkasnya.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up