JawaPos Radar

Hasil Sidang Isbat Tetapkan Idul Adha 22 Agustus

12/08/2018, 09:10 WIB | Editor: Ilham Safutra
Idul Adha, sidang Isbat,
Ilustrasi: Kemenag tetapkan Idul Adha jatuh pada 22 Agustus 2018. (Kokoh Praba/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Ada yang berbeda dari pelaksanaan sidang isbat tadi malam (11/8). Biasanya sidang ini dipimpin Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. Kali ini Lukman Hakim Saifuddin sudah terbang ke Saudi untuk memimpin rombongan amirulhaj. Akhirnya penetapkan awal Zulhijah 1439 H itu dipimpin Dirjen Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin.

Setelah sidang tertutup yang berlangsung sekitar 30 menit, Amin menyampaikan hasilnya. Dia mengatakan, dari 92 titik pemantauan hilal, ada 29 orang yang menyampaikan laporan ke Jakarta. "Hasil laporannya, seluruhnya tidak berhasil melihat atau mengamati hilal," katanya.

Pemicunya, hilal masih di bawah ufuk. Sesuai dengan perhitungan metode hisab, posisi hilal di Indonesia berada di -1 derajat sampai kurang dari 0 derajat di bawah ufuk. Dengan demikian, sidang isbat secara bulat memutuskan bahwa bulan Zulkaidah disempurnakan (istikmal) menjadi 30 hari. "Maka, 1 Zulhijah jatuh pada Senin, 13 Agustus," tutur Amin.

Hasil Sidang Isbat Tetapkan Idul Adha 22 Agustus
Ilustrasi: Sapi yang dijual peternak untuk kebutuhan kurban di hari raya Idul Adha (Dalil Harahap/Batam Pos/Jawa Pos Group)

Dengan demikian, Idul Adha (10 Zulhijah) jatuh pada Rabu, 22 Agustus. Dia bersyukur lantaran tahun ini tidak ada perbedaan penetapan awal puasa, Idul Fitri, dan Idul Adha.

Menurut dia, potensi kompak awal puasa, Idul Fitri, dan Idul Adha berlangsung sampai 2020. Berikutnya, pada 2021 terjadi potensi perbedaan penetapan hari besar. Untuk itu, Kemenag terus berupaya menerapkan kalender Hijriah tunggal. Dia berharap kriteria dalam kalender Hijriah tunggal itu disepakati ormas-ormas keagamaan di Indonesia.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Basri Barmanda bersyukur karena semua ormas keagamaan Islam menerima hasil sidang isbat. Dia mengimbau umat Islam untuk menjalankan salat Idul Adha dan berkurban. 

(wan/c10/agm)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up