JawaPos Radar

Pilpres 2019

KPU Tak Ingin Berandai-andai dengan Hasil Tes Kesehatan Jokowi-Ma'ruf

12/08/2018, 08:14 WIB | Editor: Ilham Safutra
KPU Tak Ingin Berandai-andai dengan Hasil Tes Kesehatan Jokowi-Ma'ruf
Pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin (Issak Ramadhani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin menjalani tahapan berikutnya sebagaimana prosedur Pilpres 2019. Setelah mendaftar di KPU Jumat (10/8) lalu, hari ini (Minggu 12/8), pasangan petahana itu mengikuti tes kesehatan.

Ketua KPU Arief Budiman menyatakan, dalam tes kesehatan ini pihaknya enggan berandai-andai jika nantinya ada paslon yang justru tak lolos tes kesehatan. Dia meminta masyarakat untuk menunggu hasil resmi dari pihak medis.

"Ini jangan bicara hasilnya dulu. Itu nanti rumah sakit saja yang menjelaskan," kata Arief di RSPAD, Jakarta, Minggu (12/8).

KPU Tak Ingin Berandai-andai dengan Hasil Tes Kesehatan Jokowi-Ma'ruf
Pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin saat mengikuti proses pendaftaran di KPU, Jumat (10/8). (Issak Ramadhan/JawaPos.com)

Selain Jokowi-Ma'ruf Amin, paslon capres-cawapres lainnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga telah dijadwalkan untuk melakukan tes medis pada Senin (13/8). Adapun rangkaian tes medis ini bisa saja tak dilaksanakan dalam satu kali panggilan.

Tim medis melakukan tes kesehatan terhadap pasangan calon dengan sedetail-detailnya. Mulai dari kesehatan mata, telinga, bebas dari penyalahgunaan narkoba, hingga psikotes. "Kalau ada yang perlu didalami, itu harus melakukan pendalaman," ungkapnya.

Sebagai informasi, standar pemeriksaan kesehatan tes medis telah distandardisasi oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Aturan itu pun sesuai dengan PKPU Nomor 22 Tahun 2018 pasal 28 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Selain itu, aturan rinci terkait pemeriksaan telah diatur pada SK KPU Nomor 1004 Tahun 2018 tentang Panduan Teknis Penilaian Kemampuan Rohani dan Jasmani Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia dalam Pemilu 2019.

(ce1/aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up