JawaPos Radar

Final Piala AFF U-16 2018

Kiper Indonesia Ungkap Rahasia Keberhasilan Gagalkan Penalti Thailand

12/08/2018, 00:07 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Ernando Ari Sutaryadi, Nando, Piala AFF U-16 2018, Timnas U-16 Indonesia
Ernando tampil sebagai pahlawan saat Timnas U-16 Indonesia menjuarai Piala AFF U-16 2018 (Dipta Wahyu/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com – Kiper Ernando Ari Sutaryadi menjadi pahlawan Tim Nasional (Timnas) U-16 Indonesia saat menjuarai Piala AFF U-16 2018. Kiper asal Semarang, Jawa Tengah tersebut berhasil menepis dua eksekusi penalti pemain Thailand.

Kiper yang akrab disapa Nando itu menjadi kunci utama kesuksesan Indonesia meraih gelar perdana di Piala AFF U-16. Dalam babak adu penalti, Nando berhasil menepis sepakan Apidet Janngam dan Pongsakorn Innet.

"Saya merasa bangga sekali karena membawa tim ini juara. Saya merasa bangga kami membuat sejarah baru. Saya sangat bangga sekali. Tidak bisa saya ungkapkan dengan kata-kata," ucap Nando selepas pertandingan.

Ernando Ari Sutaryadi, Nando, Piala AFF U-16 2018, Timnas U-16 Indonesia
Aksi Ernando saat menggagalkan tendangan penalti pemain Thailand (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

Nando mengatakan, dirinya berlatih keras agar bisa tampil tangguh di bawah mistar gawang Indonesia. "Saya terharu sekali. Saya sudah membayangkan bagaimana ketika saya menepis, semua pasti bangga," akunya.

"Saya diajarkan oleh pelatih. Intinya, semua tekanan berada di penendang. Kiper hanya berusaha merusak ketenangan penendang. Jadinya saya sudah tahu apa yang harus dilakukan. Saya juga mengikuti insting," imbuhnya.

Secara keseluruhan, Nando tampil gemilang sepanjang turnamen. Dia tampil tangguh dan membuat gawang Indonesia hanya kebobolan empat gol sepanjang Piala AFF U-16 2016. Pelatih Fakhri Husaini pun melontarkan pujian untuknya.

"Soal penalti, itu memang tugas kiper. Dia melaksanakan tugasnya dengan baik. Mental dan tekniknya bagus. Persiapan antisipasi penalti yang kami lakukan rupanya membawa manfaat," sanjung Fakhri.

"Ini adalah hasil latihan. Bukan hanya untuk Nando, tetapi semua eksekutor kami juga. Buktinya keempat eksekutor kami berhasil dalam tendangan penalti," tutup Fakhri.

(saf/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up