JawaPos Radar

Daftar Calon Tetap Legislatif Masih Bisa Dicoret

11/08/2018, 22:50 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Nasdem
ILUSTRASI: Sejumlah artis ibu kota dari Partai Nasdem ikut meramaikan Pileg 2019 di Jawa Timur. (Moh/Mukid/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah tengah merumuskan Daftar Calon Sementara (DCS) yang akan ditetapkan dan diumumkan besok, Minggu (12/8) besok. Akan tetapi, saat penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) bulan depan, ternyata jumlah calon legislatif (caleg) masih bisa berkurang.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo mengatakan, bisa berkurangnya jumlah caleg pada DCT dikarenakan ada pejabat yang belum menyerahkan surat keputusan (SK) pemberhentian jabatan hingga tanggal 19 September 2018 nanti.

Pejabat yang ia maksud adalah mereka yang bekerja di lembaga negara. Misal menjadi pegawai negeri sipil (PNS), direktur BUMN, BUMD atau kepala desa.

”Karena syaratnya kan pertama membuat pernyataan pengunduran diri, kedua mengajukan pengunduran diri. Kemudian ketiga ada bukti pengajuan pengunduran diri, lalu keempat keterangan dari lembaga bahwa sedang diproses pengunduran dirinya,” ungkap Joko saat ditemui di kantornya, Semarang, Sabtu (11/8).

Jika sampai tanggal 19 September KPU Jateng belum juga menerima SK pemberhentian, lanjut Joko, maka calon bersangkutan akan dicoret dari DCT. Pasalnya, sehari berikutnya sudah mulai memasuki masa penetapan. ”Kalau yang ini dicoret, nggak bisa diganti lagi,” ujarnya.

Joko pun mengklaim baru saja menyelesaikan tahap verifikasi dan klarifikasi bersama parpol penampung bacaleg yang maju. Hal ini menjadi salah satu proses penting sebelum masa pengumuman DCS besok Minggu (12/8) hingga tiga hari ke depan.

"Alhamdulillah kita sudah mendapatkan persetujuan dari parpol agar semua bisa diumumkan besok. Tadi kan yang dibahas meliputi seperti ada nama yang keliru, lalu gelar pendidikan yang tak mau dicantumkan, atau ukuran foto," tandasnya.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up