JawaPos Radar

5 Langkah Atasi Masalah Pori-pori Besar pada Wajah

11/08/2018, 17:05 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
5 Langkah Atasi Masalah Pori-pori Besar pada Wajah
Ilustrasi: pertambahan usia dan sinar matahari bisa menjadi penyebab pori-pori wajah membesar. Oleh karena itu, aplikasikan tabir surya sebelum keluar rumah. (Cosmopolitan)
Share this image

JawaPos.com - Penumpukan minyak atau kotoran di kulit dapat berkontribusi membuat pori-pori tampak membesar karena terjadi sumbatan. Kulit pun menjadi gampang kusam dan berjerawat. Masalah itu dapat diatasi dengan rajin membersihkan kulit wajah dua kali sehari.

Dilansir dari Cosmopolitan, Sabtu (14/7), selain rutin membersihkan wajah, terdapat 5 langkah efektif yang harus dilakukan untuk mengatasi pori-pori besar pada wajah. Apa sajakah itu?

1. Perawatan Cuci Muka (Facial)

5 Langkah Atasi Masalah Pori-pori Besar pada Wajah
Ilustrasi: Mencuci wajah 2 kali sehari dapat membantu atasi masalah pori-pori besar pada wajah. (boldsky)

Pori-pori besar dan minyak berlebih merupakan dua masalah kulit utama. Menurut dokter kulit, Adam Geyer ketika sebum menempel di pori-pori, itu menyebabkan peradangan yang secara fisik memperluas pori-pori. Cara mudah untuk menyedot semua minyak itu adalah mencuci muka atau masker dari arang.

"Arang dikenal karena kemampuannya untuk mengikat kotoran dan mengekstraknya dari pori-pori Anda. Bahkan, arang bisa mengikat 800 kali beratnya dalam kotoran dan minyak," kata Dr. Geyer.

2. Pengelupasan Kulit

Dalam upaya untuk menjaga pori-pori bersih, lakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit yang tepat. Caranya dengan menggunakan produk pembersih yang berbasis scrub yang lebih lembut dan diresapi dengan exfoliant kimia, seperti glycolic atau salicylic acid. Pastikan hanya menggunakannya dua atau tiga kali seminggu, tidak setiap hari, untuk menghindari kulit menjadi kering.

3. Kencangkan

Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kolagen dan elastin yakni unsur penting yang diperlukan untuk kulit dan mengecilkan pori-pori. Itu menyebabkan kulit mengendur, yang sekarang diyakini oleh para ilmuwan adalah mengapa pori-pori membesar.

Untuk itu gunakan produk kecantikan berbahan ekstrak yang memperkuat dinding pori-pori dan menurunkan diameternya.

4. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Selain minyak dan usia, matahari memainkan bagian besar dalam pori-pori besar. Sinar UV merobek kolagen di kulit, di mana pori-pori akan melebar. Untuk itu, gunakan produk tabir surya atau SPF harian untuk mencegah kerusakan kulit.

5. Pakai Krim Khusus Pori

Dapatkan perbaikan instan dengan primer yang minim pori, alias krim buram. Reflektor optik pada krim tersebut mengisi pori-pori sehingga terlihat lebih kecil dan halus. Carilah formula bebas minyak untuk menghindari pori-pori yang tersumbat kembali.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up