JawaPos Radar

69 Ton Bantuan TNI-Polri Jateng Diterbangkan untuk Korban Gempa Lombok

11/08/2018, 16:43 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
TNI-Polri
PENGIRIMAN BANTUAN: TNI-Polri mengirimkan bantuan untuk korban gempa dengan total mencapai 69 ton, Sabtu (11/8). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - TNI dan Polri Jateng mengirimkan bantuan untuk korban gempa di Lombok, Sabtu (11/8). Bantuan yang didistribusikan melalui jalur udara tersebut terdiri dari berbagai kebutuhan para korban dengan total mencapai 69 ton. Pemberangkatan pengiriman bantuan dilakukan melalui Landasan Udara Adi Soemarmo, Solo. 

Dalam kesempatan tersebut turut pula dihadiri oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, dan juga Pangdam IV/Diponegoro, Mayjend TNI Wuryanto. Kapolda menyampaikan, bahwa bantuan yang didistribusikan kepada para korban gempa merupakan hasil donasi dari berbagai jajaran. Mulai dari Polres, Lanud, Kodim, Lanal dan juga dari masyarakat. 

"Bantuan yang didistribusikan ini lebih kurang 76 truk dengan berat mencapai 69 ton. Ada selimut, tenda, beras, mi, obat-obatan, popok, susu kaleng pampers dan bentuk bantuan yang lainnya," urainya.

Sementara itu, Komandan Lanud Adi Soemarmo, Kolonel Pnb Indan Gilang menyampaikan, pengiriman bantuan dilakukan dalam beberapa kelompok terbang (Kloter). "Untuk pengiriman hari ini, jumlah bantuan yang diangkut sebanyak 25 ton. Bantuan itu diangkut menggunakan pesawat Hercules C-130, dua pesawat CN-295 dan satu jenis CN-235," ungkapnya. 

Indan mengatakan, untuk sisa bantuan akan dikoordinasikan dengan Mabes TNI AU. Indan berharap, semua bantuan ini bisa secepatnya didistribusikan. Sehingga, bantuan bisa di segera menerima bantuan tersebut. "Saya berharap Senin atau Selasa, distribusi bantuan ini bisa rampung," katanya. 

Pada kesempatan yang sama, Pangdam IV/Diponegoro, Mayjend TNI Wuryanto, berharap bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk memberikan bantuan bisa dalam bentuk uang. Hal ini karena, uang lebih fleksibel dibandingkan dengan bantuan berupa barang.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up