JawaPos Radar

KPU Kabupaten Malang Coret 20 Bacaleg

11/08/2018, 11:19 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Pendaftaran Caleg
PENYERAHAN: Penyerahan berkas Bacaleg ke KPU Kabupaten Malang beberapa waktu lalu. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang mulai menyusun daftar calon sementara (DCS) bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilu 2019. Semula ada 652 bacaleg yang mendaftar. Namun hingga tahapan penyusunan DCS, jumlah tersebut berkurang menjadi 632 bacaleg.

Artinya, ada 20 bacaleg yang tidak memenuhi syarat. Mereka kemudian dihapus dari DCS. "Kemudian kami tetapkan dan kami umumkan," kata Ketua KPU Kabupaten Malang Santoko, Sabtu (11/8).

Mayoritas bacaleg yang gugur lantaran tidak dapat memenuhi persyaratan berkas verifikasi. KPU sudah membuka komunikasi dengan partai terkait hal tersebut.

Para bacaleg dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) karena memang sistem. Yakni, tidak memenuhi berkas-berkas pendaftaran. "Nama-nama yang bersangkutan memang tidak mencukupi atau tidak melengkapi berkas pencalonannya," sambung Santoko.

Dari 20 nama yang gugur, tidak ada satupun bacaleg mantan narapidana. Seperti diketahui, ada tujuh mantan napi yang mendaftar sebagai bacaleg di KPU Kabupaten Malang. Mereka telah dinyatakan memenuhi syarat.

"Tidak ada (mantan napi yang gugur), karena memang sengaja tidak memenuhi berkas dan sudah komunikasikan melalui LO atau pimpinan partai politik. Tidak karena mantan terpidana korupsi, pelecehan seksual, serta mantan terpidana narkoba yang sudah berkekuatan hukum tetap," tandas Santoko.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up