JawaPos Radar

Anti Migran, Orangtua Melania Dapat Kewarganegaraan AS Via Migrasi

11/08/2018, 05:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Orangtua Melania Dapat Kewarganegaraan AS Via Migrasi
Kedua orangtua isteri Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Melania Trump mendapatkan kewarganegaraan Amerika Serikat (AS) dari imigrasi (Foot Wear News)
Share this image

JawaPos.com - Kedua orangtua isteri Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Melania Trump mendapatkan kewarganegaraan Amerika Serikat (AS) dari imigrasi. Menurut pengacara imigrasi mereka Michael Wildes, keduanya yang merupakan imigran telah mengucap sumpah kewarganegaraan.

Namun kesempatan keduanya menerima kewarganegaraan AS dianggap mengambil keuntungan dari program reunifikasi keluarga. Padahal seperti diketahui, Trump anti imigran, itu terbukti dengan memberlakukan kebijakan toleransi yang menuai kecaman internasional beberapa waktu lalu.

Trump kemudian mengkritisi kebijakan itu dengan menyebutnya sebagai rantai imigrasi. Saat ditanya New York Times mengenai kabar kebenaran apakah kedua orangtua Melania mendapatkan kewarganegaraan AS melalui migrasi rantai, Wildes menjawab, "Saya kira."

Wildes mengatakan, migrasi rantai memungkinkan warga negara AS yang dinaturalisasi untuk mensponsori kerabat dekat untuk tinggal secara permanen di AS merupakan cara kotor. Hal itu untuk mencirikan apa yang disebutnya landasan proses imigrasi ketika datang ke reunifikasi keluarga.

Kenyataannya, Trump bahkan menunjukkan pandangannya secara jelas mengenai migrasi rantai pada November lalu melalui akun Twitter-nya. "Rantai imigrasi harus berakhir sekarang! Beberapa orang membawa seluruh keluarga mereka. Tak bisa diterima."

Trump mengatakan, sistem semacam migrasi rantai sama saja mencuri pekerjaan dari orang Amerika dan mengancam keamanan nasional. Juga menyerukan sistem berbasis prestasi yang memberikan preferensi kepada para profesional yang lebih berpendidikan dan aktif berbahasa Inggris.

Wildes mengatakan kepada Times bahwa terkait migrasi rantai kedua orangtuanya Melania Trump merupakan perempuan pertama yang menjadi sponsor mereka. Di bawah hukum AS mereka harus menjadi penduduk tetap selama lima tahun sebelum mengajukan permohonan menjadi warga negara, dan waktu untuk memproses aplikasi dapat memakan waktu hingga beberapa bulan.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up