JawaPos Radar

Inasgoc Gandeng JKT48 untuk Bikin Asian Games 2018 Lebih Menghibur

10/08/2018, 19:06 WIB | Editor: Dhimas Ginanjar
JKT48
Dari kiri: Yupi, Shania, Erick Tohir, Zara, dan Gracia saat press conference keterlibatan JKT48 untuk Asian Games 2018. (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)
Share this

JawaPos.com – Grup idola JKT48 ambil bagian dalam Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Shania Junianatha dan member lain tidak hanya untuk mengenalkan event olah raga 4 tahunan itu. JKT48 punya peran besar karena menjadi MC di berbagai pertandingan yang terdiri dari 60 nomor dari 40 cabang olah raga di Asian Games.

Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 Erick Tohir mengatakan, Asian Games untuk segala umur. Itulah kenapa, dia ingin agar generasi milenial ikut memeriahkan dan menonton Asian Games. Nah, menurut Erick, salah satu icon generasi milenial adalah JKT48.

’’Atlitnya rata-rata seumuruan mereka (JKT48). Ini bagus sekali, kan. Asian Games bisa disukseskan oleh kalangan anak muda,’’ tuturnya, Jumat (10/8) di FX Sudirman.

JKT48
Dari kiri: Yupi, Shania, Zara, dan Gracia di press conference JKT48 dukung Asian Games 2018 (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)

Dia menambahkan, Asian Games kali ini adalah milik generasi muda. JKT48 termasuk ambil bagian tanpa dibayar. Menurutnya, apa yang telah dilakukan JKT48 adalah warisan baik dalam menunjukkan kehebatan anak muda Indonesia dalam menyelenggarakan event tingkat dunia.

’’Setelah 56 tahun, inilah kesempatan besar bagi generasi muda, termasuk JKT48 untuk menjadi bagian sejarah dengan memanfaatkan Asian Games untuk mengembangkan potensi seni dan budaya Indonesia,’’ tuturnya.

Erick punya misi, JKT48 bisa memberikan warna baru dalam tontonan olah raga. Dia ingin, agar yang datang ke Asian Games nanti punya pengalaman berbeda. Selain terhibur oleh pertandingan, juga ada hiburan. ’’Tapi, ada sisi entertainment-nya. Tidak hanya nonton olah raganya,’’ imbuh Erick Tohir.

Tidak hanya itu, JKT48 juga menjadi “duta” untuk memperkenalkan berbagai olah raga. Sebab, mereka akan membuat 67 video sports presentation yang akan dimainkan di setiap venue cabang olah raga. Video itu bertujuan memberikan edukasi terkait olah raga tertentu.

’’Video itu untuk menjelaskan detil dari suatu olah raga. Misalnya, apa sih karate itu, apa beda dengan jiujitsu. Bagaimana menghitung poinnya, apa regulasinya. Semua dijelaskan di video sport presentation,’’ ujar Deputi Inasgoc Harry Warganegara.

Lebih lanjut dia mengatakan, keterlibatan JKT48 akan membuat Asian Games lebih menarik. Sebab, para member ikut mengkampanyekan Asian Games. Selain itu, para member tertentu juga akan menjadi MC. ’’Bahkan mungkin di semifinal dan final (cabor tertentu),’’ imbuhnya.

Farid Abdul Halim dari 360 Brothers menambahkan, sudah bekerja sama dengan JKT48 untuk membuat video teaser promosi Asian Games, menyepakati adanya pertunjukan, sampai video sport presentation. ’’Nanti, mereka (JKT48) akan show sebanyak 36 kali selama Asian Games,’’ ujar Farid.

Dia memang tidak menjelaskan JKT48 akan tampil dalam pertandingan apa. Yang pasti, JKT48 siap menghibur dengan lagu mereka sendiri. Yang paling penting, dia bangga atas keterlibatan JKT48 sebagai simbol anak muda ikut mendukung Asian Games.

’’Inasgoc zero cost (tidak membayar) untuk JKT48. Ini merupakan bagian dari youth empowerment. Volunteer dan dedikasi untuk Indonesia,’’ ujar Farid.

Apakah JKT48 juga tampil di Palembang? Saat ini Farid memastikan hanya di Jakarta. Namun, jika memang dibutuhkan, bukan tidak mungkin member JKT48 ada yang diterbangkan ke Palembang.

’’Soal video sports presentation, Farid mengatakan bisa menjadi legacy atau warisan. Jadi, tidak hanya untuk Asian Games saja. ’’Selepas asian games, video bisa untuk memotivasi pelatnas atau warga yang ingin mendalami suatu olah raga,’’ tuturnya.

Kapten JKT48 Shania Junianatha menambahkan, sampai saat ini dia belum bisa memberitahukan cabang olah raga apa yang didatangi member JKT48. Begitu juga dengan siapa saja member yang akan menjadi MC. Dia hanya mengatakan, ingin semua member bisa berpartisipasi.

’’Tapi gantian ya. Kalau all member langsung, nanti kami lebih banyak dari atletnya,’’ kata Shania bercanda. Untuk informasi, saat ini member JKT48 ada 61 member.

(dim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up